VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Beberapa hari terakhir ini saya ikuti kursus DevOps di Coursera. Kenapa DevOps? Karena pekerjaan saya ada kaitannya dengan DevOps. Sebenarnya, untuk catatan seperti ini saya punya…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis singkat mengenai teknik Pomodoro. Dulu saya kira Podomoro, yang berkaitan sama properti. Ternyata beda hehehe. Teknik Pomodoro ini dikembangkan oleh Fransesco…
Hi guys, apa kabar? Kali ini saya mau nulis pengalaman atau cerita aja, gak nulis tutorial dulu hehehe. Tanggal 1 Mei, libur. Temen-temen gowes ada yang ngajakin gowes ke tempat…
Hai semuanya, apa kabar? Setelah tulisan kemarin, sekarang pada tulisan ini saya mau coba lanjutin prosesnya. Yaitu instalasi Ubuntu 24 pada VM yang ada di VMWare. Saya cukup excited karena…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis tentang VM lagi. Namun kali ini saya mau coba nulis tentang konfigurasi VM namun bukan dengan menggunakan Proxmox VE, namun VMWare…
Hai semuanya, apa kabar? Setelah beberapa hari yang lalu kita udah sama-sama belajar cara instalasi Debian 12 sekarang kita coba instalasi Proxmox diatas Debian. Diatas Debian? Maksudnya gimana tuh?? Kalo…
Hai semuanya, kali ini saya mau nulis singkat tentang Proxmox VE. Pas saya baru nyampe di tempat kerja, atasan saya bilang kalau Proxmox VE ada update. Saya cek lah situs…
Hai semuanya, apa kabar. Kali ini saya mau nulis tentang tahapan instalasi Debian. Saya pilih Debian karena sekalian untuk Proxmox VE juga (another testing project) dan juga Debian merupakan distribusi…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya nulis tentang personal aja ya. Gak terlalu personal sih, ada kaitannya dengan tempat kerja tapi gak berkaitan langsung dengan teknisnya. Di tempat kerja…
Hai semuanya, apa kabar? Saya mau nulis yang singkat aja nih. Seperti yang banyak diketahui, Ubuntu merilis versi LTS setiap dua tahun sekali, tepatnya pada Bulan April. Versi LTS terakhir…