VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Sharing pengalaman pribadi. Habis lebaran, Pak Boss dateng ke ruangan kerja, salam-salaman. Habis itu ngajak ngobrol saya dan Tyo (team PKL/magang). Boss tanya ke kami tentang manajemen waktu dan kegiatan.…
Hai semuanya, apa kabar? Setelah kemarin saya nulis cara konfigurasi ZFS pada multi-node server, sekarang yuk kita coba migrasikan salah satu VM yang sudah kita konfigurasi dengan ZFS. Untuk apa?…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis tentang ZFS. Setelah sebelumnya nulis tentang konfigurasi ZFS pada single-node, sekarang saya mau coba tulis konfigurasi untuk multi-node. Juga dengan konfigurasi…
Hai semuanya, apa kabar. Selamat Hari Raya Idul Fitri yaa buat teman-teman semuanya. Saya pribadi juga mohon maaf kepada teman-teman pembaca blog ini hehehe. Hari raya Idul Fitri di Indonesia…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing tentang ZFS. Mungkin teman-teman ada yang sudah tahu apa itu ZFS. ZFS merupakan salah satu format disk yang didukung pada Proxmox…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing yang ringan aja. Yaitu cara hapus paksa VM/CT di Proxmox VE. Mungkin ada dari teman-teman yang ingin menghapus VM/CT karena satu…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin tulisan yang kemarin. Kali ini kita coba buat VM Ubuntu menggunakan ZFS storage yang kemarin sudah kita buat. Kemudian kita uji…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing sekilas mengenai salah satu format disk yang didukung pada Proxmox VE, yaitu ZFS. ZFS adalah singkatan dari Zettabyte File System. Fitur…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing aja nih pengalaman pribadi. Kamis malam (28/03) ada kegiatan donor darah di masjid, yang diselenggarakan PMI Kab Bekasi (Cibitung). Saya sebenernya…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau coba clone atau salin CT yang ada pada Proxmox VE. Tepatnya CT Ubuntu yang sebelumnya sudah dibuat. Nantinya saya mau coba bandingkan…