zaidan's blog

a newbie, writing IT-related stuff and some personal experiences

Libur Lebaran


Hai semuanya, apa kabar. Selamat Hari Raya Idul Fitri yaa buat teman-teman semuanya. Saya pribadi juga mohon maaf kepada teman-teman pembaca blog ini hehehe. Hari raya Idul Fitri di Indonesia gak lepas dari tradisi Mudik/Pulang Kampung, dimana banyak masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Dari informasi yang saya dapet di internet, prediksi pemerintah ada sebanyak 193,6 juta warga yang melakukan perjalanan mudik (gambar 1).

image host

gambar 1

Jumlah penduduk Indonesia sekitar ~275,5 juta. Artinya dari data tersebut, sekitar 70% warga Indonesia melakukan mudik. Wow, banyak juga ya. Saya sendiri biasanya juga pulang kampung, ke daerah Tasik/Majalengka. Tapi karena ada suatu hal tahun ini gak dulu mudiknya (atau nanti saja kapan-kapan). Suatu hal-nya yaitu… (gambar 2)

image host

gambar 2

Kakak saya lahiran. Perkiraan awalnya lahiran setelah lebaran, eh ternyata udah lahir duluan hehehe. Saya pun sekarang jadi Om/Paman (walaupun di komunitas gowes gak jarang juga sering dipanggil Om). Lahiran di hari terakhir saya kerja (sebelum libur lebaran), dan manajemen pun infoin hari terakhir kerja bisa pulang jam 2 (jam normal pulang jam 4). Wah lumayan nih bisa nengokin kesana.

Hari-hari terakhir Ramadhan di keluarga saya pun akhirnya fokus ke ngurus debay. Kakak saya juga belum bisa full handle jadi saya dan orangtua saya juga sering bolak-balik (dan kadang nginep juga) di tempat Kakak saya di Mustika Jaya. Artinya, kita semua gak mudik hehe. Tapi tetep juga ngerasain “vibes” bareng pemudik karena lintas Cibitung-Mustika Jaya nyebrang Jalur Pantura.

Seperti biasanya, jalur Pantura kalau mudik banyak putaran yang ditutup, mungkin guna kelancaran lalu lintas para pemudik. Tapi, arah sebaliknya (baca: arah Barat, mudik Pantura arah Jawa ke arah Timur) sering padat. Warga lokal yang sekadar pergi dekat jadi makin lama. Apalagi lintas Cibitung-Tambun. Arah Barat padat banget. Mustika Jaya-Cibitung yang biasanya cuma makan waktu ~45 menit kali itu (pas masa mudik hehe) bisa lebih dari 1 jam, mungkin hampir dari 2 jam. Seru sih “vibes” mudik kaya liat mobil bawa barang bawaan, motor yang bawa bawaan juga (dan ada juga yang masang tulisan/kata-kata tertentu) tapi cape juga cuy walaupun saya gak mudik.

(tempat kumpul saya dan teman-teman gowes (baca: Gedung Juang) juga udah ada posko siaga mudik)

image host

gambar 3

Beberapa hari sebelum lebaran pun kami “mudik ala-ala”. Maksudnya, kakak saya “pindahan” singkat ke Cibitung. Beserta bayi dan berbagai perlengkapan yang banyak banget (gambar 3). Mulai dari bak mandi, tempat tidur dan banyak lagi. Kali ini saya muter lewat Bekasi Timur biar gak macet-macetan nyari putaran. Benar saja, saya lewat Bekasi Timur dan jalanan sepi. Jalur Bulak Kapal pun lancar walaupun jalan tersebut banyak pul/agen bus. Ada sih bus yang lewat, tapi yaa gak terlalu padat jalanannya.

Sampai di daerah Tambun benar saja, arah barat macet banget. Banyak putaran yang ditutup, yang dibuka baru di SPBU dekat pabrik Sinde. Perjalanan arah Cibitung pun cukup lancar. Di rumah (Cibitung) pun bikin “kamar darurat” untuk debay. Beberes dan lain sebagainya. Akhirnya bisa tidur di kasur sendiri setelah sebelumnya nginep di tempat kakak.

image host

gambar4

Malam takbiran saya pun “cari angin”. Pengen jalan-jalan bentar. Sampai di Jalan Raya Bosih.. Waduh rame banget. Warlok (Warga Lokal) yang gak mudik banyak juga ternyata. Apalagi di toko baju (serba 35k dan thrift store) waduh rame banget. Ke arah Tambun pun macet (gambar ). Tadinya saya mau ke Mangun Jaya-Underpass Tambun-Pantura tapi gak jadi deh ke Mangun Jaya-nya. Macet banget. Saya pun belok ke arah Buwek dan lanjut ke Pantura via Kompas. Sepi cuy. Kayanya mah puncak arus mudik udah selesai. Dan beberapa putaran juga udah dibuka lagi.

Lebaran pun di rumah. Tapi banyak yang dateng ke rumah. Seperti yang kalian tau alasannya, yaitu liat debay. Hehehe.. Termasuk keluarga dari abang ipar saya datang ke rumah. Selain itu saya juga main ke rumah teman saya yang gak mudik, di komplek sebelah. Dan nyobain Lontong Sayur Padang.

image host

gambar 5 – di rumah teman

Hari-hari liburan saya sempetin nuntasin beberapa course yang udah saya redeem di Udemy. Ada dua course singkat tentang cybersecurity yang saya selesaikan (gambar 6). Sebenarnya masih banyak course lain yang belum saya kelarin. Semoga bisa deh, sayang udah di-redeem masa gak dikelarin hohoho.

image host

gambar 6

Ada juga target yang mau saya coba lanjutin di waktu senggang. Coba upload video ke YouTube. Udah ada sih drafnya, tinggal diedit. Review headset buat ngantor. Soalnya earphone saya sering kendala kalau online meet di kantor. Tapi belum jadi videonya. Nanti juga mau coba bikin tutorial simpel yang gampang-gampang, kaya instalasi Virtualbox, VM, dan lain-lain.

image host

gambar 7 – hello guys

Dan juga pas libur lebaran saya ada plan gowes agak jauhan, ke Jakarta atau Cileungsi. Tapi sampai libur selesai gak kesampaian. Karena hal-hal tertentu. Akhirnya saya kemarin (Senin-15/04) tetep gowes walaupun kesiangan, gowes deket aja sekitaran Tambun-Cibitung. Badan gak terlalu fit soalnya kalau maksain ke Cileungsi/Jakarta. Tadinya mau coba Cibitung-Cileungsi-Cibubur dan lanjut cobain LRT (loading) tapi saya pikir agak mahal juga ya Harjamukti(Cibubur)-Dukuh Atas bisa sampai lebih dari Rp20.000,- hohoho (gambar 8 – Indonesia Baik). Lain kali mungkin ya..

image host

gambar 8

Gowes di masa sebagian orang masih ada yang mudik, jalanan terasa kosong. Di jalan raya Pantura sesekali liat pemudik (terutama pemotor) yang nampaknya otw ke rumahnya dari kampung halaman (keliatan dari barang bawaannya hehe). Saya pun gowes ke Grand Wisata dan coba jalan yang belum pernah saya lalui, lewat kampung. Saya juga lewat Desa Cibuntu, Cibitung. Masih banyak pepohonan rindang dan sawah. Saya juga foto-foto sebentar dengan latar rerumputan (atau/dan sawah, gambar 9). Jalanan kecil dan cukup sepi, enak buat gowes. Juga sesekali ada tanjakan-turunan tapi kita tau sendiri, di Bekasi se-ekstrim apa sih medannya? Hohoho.

image host

gambar 9

Keluar pun di Jalan Raya Setu. Ke arah jembatan Tol Jakarta-Cikampek. Di persimpangan Kalimalang pun saya gak langsung ke arah Tambun tapi muter dulu ke arah Timur, yaitu kolong tol Cibitung yang baru. Sekilas liat pul/agen Bus Sinar Jaya ramai. Banyak yang baru sampai kayanya. Gowes di jalur ini cukup adem, karena ketutup jalan tol. Namun ngeri juga, truk dan bus banyak lewat jalur sini.

image host

gambar 10

Saya pun pulang lewat Kawasan Industri Panasonic (Gobel) dan lewat jalan kecil arah Villa Mutiara. Ada gedung kampus baru, tadinya pas jaman saya SMA tempat ini gedung kosong (gambar 10). Tapi kayanya belum beroperasi deh. Lanjut gowes dan lewatin kolong rel kereta. Wah saya gak sempet foto di jalur ini. Dan akhirnya saya pun nyampe di rumah sekitar jam 10.

image host

background jalur Whoosh

Itulah pengalaman saya selama libur lebaran ini. Gimana? Biasa aja kah? Sampai jumpa di tulisan lainnya. Bye~


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *