VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau buat container Ubuntu di Proxmox VE untuk keperluan testing. Mungkin dari teman-teman ada yang sudah paham cara konfigurasinya. Tapi saya sekalian tulis…
Hai semuanya, apa kabar? Setelah di tulisan sebelumnya saya cerita tentang kendala yang saya hadapi karena ada package yang terhapus, pada tulisan ini saya mau cerita kelanjutannya hehehe. Saya pun…
Hai semuanya, apa kabar? Tulisan kali ini buat “curhat” bukan panduan kaya biasanya. Akhir pekan kemarin, saya mau coba uninstall MySQL karena mau install MariaDB (untuk tugas kuliah) dan terdapat…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing singkat aja nih. Karena saya sering nulis tentang Linux, tentu sering juga nulis tentang perintah atau direktori yang kayanya lebih enak…
Hai semuanya, apa kabar? Mungkin teman-teman yang sering baca tulisan saya udah tau kalo saya dulu pernah nulis tentang High Availability (HA) di blog ini. Kali ini saya mau uji…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing lagi mengenai Proxmox VE. Tentang cara memindahkan penyimpanan yang digunakan oleh VM. Misalnya kita berhasil melakukan konfigurasi/pembuatan VM pada local storage…
Hai semuanya, baru-baru ini saya lihat di grup Linux Indonesia ada yang sharing tentang versi baru KDE Plasma, yaitu KDE Plasma 6 sudah rilis. Beberapa channel Youtube yang terkait Linux…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau bandingin atau benchmark kecepatan penyimpanan kalau kita pakai VM dengan menggunakan penyimpanan local dan menggunakan Ceph. Saya ingin lihat sejauh mana perbedaan…
Hai semuanya, apa kabar? Tulisan kali ini kayanya lebih ke cerita pengalaman gak full tutorial. Jadi server Proxmox VE yang biasa saya pakai habis dipakai oleh rekan kerja saya dibawa…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin tulisan yang kemarin yang masih berkaitan dengan Screen. Kemarin kita udah sama-sama coba buat beberapa sesi pada Screen, dan tiap sesinya…