VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin nulis tentang Screen di Linux. Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan singkat yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu. Kali…
Hai semuanya, apa kabar? Saya memang biasanya sehari-hari pakai Zorin OS dan udah cukup nyaman. Salah satu yang bikin nyaman adalah di Zorin OS bisa mendukung ganti mode terang ke…
Hai semuanya, apa kabar? Setelah pada tulisan yang lalu kita udah coba belajar cara migrasi VM dari satu node ke node yang lain, sekarang kita coba yuk apa Live Migration…
Hai semuanya, kali ini saya mau nulis singkat, apa sih bedanya Live Migration dan High Availability? Apa sama aja?? Keduanya merupakan fitur unggulan yang ada pada Proxmox VE yang dapat…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin tulisan yang kemarin. Kemarin kita udah sama-sama coba konfigurasi penyimpanan Ceph, nah sekarang kita coba yuk Ceph-nya udah bisa dipake buat…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin nulis tentang Ceph. Ada beberapa tulisan saya tentang Ceph beberapa waktu lalu, seperti tulisan pada link ini. Pada tulisan ini saya…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing lagi, terkait Linux. Di tempat kerja, saya diminta untuk testing performa VM Proxmox VE ketika menggunakan local storage dan ketika menggunakan…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin tulisan saya sebelumnya, yaitu masih terkait dengan aplikasi mobile dari Proxmox VE. Kali ini kita coba apa aja sih yang bisa…
Hai semua, apa kabar? Kali ini saya mau sharing terkait Proxmox VE lagi nih. Yaitu cara ganti IP address. Mungkin ada dari kalian yang perlu mindahin server Proxmox VE nya…
Hai, semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing mengenai Proxmox VE lagi. Selain menyediakan web interface sebagai tool untuk manajemen virtualisasi, ternyata Proxmox VE juga ada aplikasinya di Android.…