VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing singkat. Mengenai jenis adapter jaringan yang ada pada Virtual Box. Mungkin teman-teman disini ada yang pernah pakai Virtual Box untuk instalasi…
Hai semuanya, apa kabar? Tulisan kali ini kayanya bakalan singkat aja. Personal thought. Saya melihat salah satu blog yang cukup sering berhubungan dengan layanan di tempat kerja saya, Excellent. Yaitu…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing lagi terkait Proxmox VE. Pada Proxmox VE juga sudah terdapat fitur firewall bawaan. Apa itu firewall? Singkatnya, firewall adalah benteng atau…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing lagi tentang Proxmox VE. Seperti yang sudah banyak diketahui, Two Factor Authentication atau 2FA atau TFA merupakan lapisan keamanan tambahan untuk…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing sedikit tentang yang ada kaitannya di pekerjaan saya. Sebagai IT support gak sarang saya melakukan remote access pada berbagai VM. Misalkan…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing lagi. Masih ada kaitannya dengan tempat kerja, tapi bukan tentang pekerjaan utama. Relatif sangat mudah. Tiap hari Jum’at setelah briefing rutin…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing lagi yang berkaitan dengan Proxmox VE. Di Proxmox VE, ternyata kita bisa loh import file berupa virtual disk image dari VM…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing atau lebih tepatnya cerita. Beberapa waktu lalu (sekitar few months ago) saat saya blogging, saya menemukan suatu gangguan. Selama ini saya…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya masih mau nulis tentang Proxmox VE lagi nih. Mungkin diantara teman-teman ada yang punya satu komputer di rumah, dan ingin ngoprek atau bikin…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita bahas Proxmox VE lagi yuk! Setelah pada tulisan sebelumnya kita sudah mengganti repositori yang digunakan menjadi no-subscription repository, nah kita coba sekarang apakah…