VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, balik lagi dengan saya. Kali ini saya mau bahas Proxmox lagi. Seperti yang sudah kita tahu, Proxmox VE bisa digunakan tanpa membeli lisensi, misalkan untuk penggunaan personal/untuk ngoprek.…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau berbagi tentang aplikasi di Linux. Beberapa waktu belakangan ini saya ada task di kantor untuk mengedit sejumlah gambar. Bukan edit yang gimana-gimana…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau bahas sesuatu yang mungkin kalian juga pernah liat, terutama yang sering oprek disk. Apa tuh? RAID. Saya bukan mau jelasin tentang film…
Senin pagi (29/01) pas lihat ke luar rumah udah gelap banget tapi belum hujan. Beberapa saat kemudian, hujan turun. Deras. Mau bawa mobil takutnya kena macet parah, saya memutuskan untuk…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin tulisan lalu tentang Ceph. Di tulisan itu secara singkat kita sudah belajar apa itu Ceph Monitor dan Ceph OSD. Ceph Monitors…
Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya. parkiran Selesai, saya keluar dan menuju ke parkiran. Ternyata mulai gerimis, dan makin deras. Saya putuskan untuk pakai jas hujan. Namun saat saya…
gambar 1 – logo Ceph (sc: ceph website) Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau bahas yang berkaitan dengan Proxmox lagi nih. Kali ini bahasannya adalah salah satu jenis…
Udah Januari, waktunya UAS. Waktu terasa cepet banget, udah satu semester aja. Kali ini satu mata kuliah UAS secara offline dan tiga mata kuliah lain secara online. Yang offline ini…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau berbagi lagi mengenai Proxmox VE setelah sekian waktu gak bahas. Kali ini saya coba untuk mengimplementasikan penggunaan bot Telegram (seperti yang pernah…
Hai semuanya, kali ini saya mau coba untuk menggunakan fitur yang ada pada Proxmox VE. Yaitu fitur Disk Health Monitoring yang sesuai namanya, berfungsi untuk memeriksa kondisi disk pada Proxmox…