zaidan's blog

a newbie, writing IT-related stuff and some personal experiences

Rilis Baru Proxmox VE – v8.2

,

Hai semuanya, kali ini saya mau nulis singkat tentang Proxmox VE. Pas saya baru nyampe di tempat kerja, atasan saya bilang kalau Proxmox VE ada update. Saya cek lah situs webnya. Ternyata benar ada update baru yaitu versi 8.2. Wah ada update nih. Ubuntu 24 juga hari ini (25/04) kayanya keluar rilis finalnya. Terus, apa aja nih fitur atau perbedaan yang dibawa pada update terbaru dari Proxmox VE ini?

Saya sambil liat-liat situs resmi Proxmox dan forumnya, berikut ini ada beberapa fitur atau hal baru yang dibawa pada versi terbaru ini:

  1. Berbasis Debian 12.5 – Bookworm dan Linux Kernel 6.8. Sebelumnya, pada Proxmox VE 8.1 berbasis Debian 12.2-Bookworm dan Linux Kernel 6.5
  2. Versi baru Ceph-18.2, ZFS 2.2, QEMU 8.1
  3. Mendukung instalasi otomatis/unattended
  4. Ada wizard untuk impor dari VMWare
  5. Beberapa perubahan pada UI

Dan sebenarnya masih banyak lagi. Saya penasaran dengan fitur instalasi otomatis (unattended). Tapi saya masih belum tahu apakah mekanisme instalasi otomatis ini mirip dengan pembuatan VM pada Virtual Box yang juga mendukung unattended installation dimana kita hanya perlu memberikan beberapa kredensial atau detail lalu instalasi pun dapat berjalan dengan otomatis.

Ada juga fitur yang memungkinkan kita untuk impor VM dari VMWare ESXI ke Proxmox VE. Fitur ini akan memudahkan enterprise yang ingin pindah dari VM Ware ke Proxmox VE. Di kantor saya juga ada VM Ware ESXI dan mungkin saya akan coba lakukan impor VM dan tulis di blog ini.

Informasi detail tentang perubahan apa saja yang terjadi pada update terbaru ini juga bisa dilihat di link ini. Tulisan ini cuma sekilas aja, belum tentang tata cara instalasi atau konfigurasinya. Sampai jumpa di tulisan lainnya. Bye~


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *