zaidan's blog

a newbie, writing IT-related stuff and some personal experiences

Teknik Pomodoro Untuk Fokus Bekerja atau Belajar


Hai semuanya, apa kabar?

Kali ini saya mau nulis singkat mengenai teknik Pomodoro. Dulu saya kira Podomoro, yang berkaitan sama properti. Ternyata beda hehehe.

Teknik Pomodoro ini dikembangkan oleh Fransesco Cirillo pada tahun 1980-an. Teknik ini bertujuan agar individu dapat fokus mengerjakan apa yang perlu dikerjakan, misalkan bekerja atau belajar dalam waktu tertentu (biasanya 25 menit) tanpa gangguan.

Gimana caranya?

Kita tentukan dulu apa yang ingin kita kerjakan. Misalkan ingin belajar hal tertentu atau mengerjakan tugas. Kemudian kita atur timer misalkan pada ponsel atau laptop kita selama 25 menit.

Selama 25 menit itu kita harus fokus mengerjakan apa yang ingin kita kerjakan. Minimalkan distraksi yang mungkin ada seperti notifikasi pesan, aplikasi lain atau hal-hal lain yang akan mengganggu pekerjaan.

Setelah kita selesai menyelesaikan sesi tersebut, kita ambil istirahat singkat (short break). Biasanya sekitar 5 menit. Kita bisa mengerjakan hal lain diluar target/pekerjaan utama kita. Misalkan cek pesan, sosial media, minum, atau hal lain yang mungkin bisa bikin kita rileks sejenak.

Setelah short break tersebut, kita mulai lagi sesi Pomodoro dengan interval yang sama dengan sesi sebelumnya. Minimalkan distraksi agar kita dapat fokus mengerjakan target kita. Setelah sesi Pomodoro selesai, kita lakukan short break lagi.

Saya cari-cari di internet, sesi Pomodoro biasanya sebanyak empat kali. Apabila sudah empat sesi, instead of taking short break, kita bisa ambil long break atau sesi istirahat yang lebih panjang (biasanya 20-30 menit).

Teknik Pomodoro ini bertujuan untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Karena kita didorong untuk meminimalisir distraksi yang ada, agar kita bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan kita. Sesi juga dirancang agar kita tidak terlalu kelelahan saat bekerja. 25 menit rasanya cukup ya untuk fokus bekerja. Namun tetap diselingi dengan beberapa sesi istirahat agar kita tidak kelelahan.

Di tempat kerja saya, atasan juga sering menyarankan teknik ini pada tim. Saya juga tahu lebih banyak tentang teknik ini saat bekerja disini hehe. Dulu pernah juga sekilas lihat teknik ini di internet, tapi yaa gitu. Sekedar lewat aja. Hehehe.

Itu aja tulisan saya kali ini. Teman-teman apakah ada yang pernah pakai teknik ini saat bekerja/belajar? Tulis di kolom komentar yaa. Sampai jumpa di lain kesempatan, bye~


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *