zaidan's blog

a newbie, writing IT-related stuff and some personal experiences

Liburan Singkat Ke Puncak Sempur-Karawang

Hi guys, apa kabar? Kali ini saya mau nulis pengalaman atau cerita aja, gak nulis tutorial dulu hehehe.

Tanggal 1 Mei, libur. Temen-temen gowes ada yang ngajakin gowes ke tempat yang agak jauh (emang jauh sih bukan agak jauh). Puncak Sempur, Karawang. Sebenernya saya juga sering denger tempat ini dari temen-temen gowes. Tapi saya sendiri belum pernah kesana. Saya ngerasa belum kuat kalo kesana. Ditambah katanya tanjakannya yang menantang.

Saya mikir, kesana motoran aja kali ya. Terus ganti pikiran lagi, pake mobil aja sama keluarga. Sehari sebelumnya (paginya bahkan) cek rute/video di YT terkait rute/jalurnya. Saya lihat dan mikir “iya sih nanjak, tapi kayanya bisa deh. Gak terlalu curam”.

Pagi hari pada tanggal 1 Mei pun akhirnya berangkat, tapi agak siang sekitar jam 10 baru berangkat. Bertiga bareng orang tua. Kemungkinan sampai sekitar jam 11:30 – 12:00. Cari rute di maps kok gak ada. Adanya kalau pilih pakai rute motor. Apakah ini red-flag terkait rutenya? Akhirnya saya pun ikuti maps untuk rute perjalanannya, non-tol.

Sampai di daerah Wanasari (kaya di Cibitung namanya hehe), Telukjambe saya isi bensin dulu. Lumayan rame. Dan banyak juga warga yang keliatannya pengen liburan juga. Karena ada beberapa wisata juga seperti Kampung Turis dan berbagai curug di wilayah sekitar Puncak Sempur. Lanjut lagi perjalanan. Mulai banyak tanjakan-turunan sepanjang perjalanan. Sawah, pabrik, dan hal-hal lainnya saya temui di perjalanan. Saya sendiri bingung pengen ceritanya kaya gimana, kurang ahli merangkai kata-kata hehehe. Saya tujuan ke Puncak Sempur mau jalan-jalan tapi pengen juga sekalian ketemu temen-temen saya yang gowes kesana.

Waktu Dzuhur pun tiba, saya mampir dulu cari Masjid. Udah di sekitar daerah Cintaasih, Pangkalan. Cuacanya sih mirip-mirip kaya di Bekasi, panas hehe. Masih sekitar 7 KM ke lokasi wisata. Mendekati gerbang daerah wisata, saya pun kebablasan karena di maps masih lurus, ternyata aslinya belok. Wah kurang akurat nih. Saya pun putar balik ke jalan arah gerbang wisata.

“Wanawisata Puncak Sempur”

Baru sampai di gerbang, langsung disambut dengan tanjakan ekstrim. Waduh, beda nih sama di YT. Di video YT yang saya lihat tanjakannya gak terlalu ekstrim. Ternyata ekstrim gaes. Kayanya karena efek kamera juga deh. Setelah melewati tanjakan awal, berpapasan juga dengan mini bus dari arah atas. Untung bisa lewat dengan aman. Makin kesana makin ekstrim. Padahal jarak ke tempat wisata cuma 3,6 KM tapi penuh sensasi.

Kalo kaya gini, matiin AC deh. Saya pun mematikan AC, buka jendela dan pasang gigi 1 (manual gaes hehe). Saya gak banyak (atau bahkan gak foto kayanya) pas dari rumah sampai tempat tujuan. Di maps pun gak ada street view-nya jadi saya gak bisa tunjukin how extreme that road was. Pantas saja banyak orang yang komentar kondisi kendaraan harus prima karena jalurnya ekstrim. Ternyata benar. Kurang direkomendasikan bagi mobil mesin kecil (1.000 cc) kaya Ayla saya. Bisa sih, tapi sulit. Tapi bisa. Ibu saya sampai ketakutan, saya pun ketar-ketir nyetirnya. Mesin ngegerung karena digas kenceng pas tanjakan. Sempet nyium kaya bau kopling gitu, tapi gak tau itu dari mobil saya atau bukan, karena saya gak “kopling gantung” tapi lanjut ngegas. Mobil orang lain kali ya?

depan lokasi

Setelah 3KM mostly nanjak. Akhirnya sampai juga. Sampai disana ternyata cukup banyak pengunjungnya. Parkir motor di seberang lokasi, parkir mobil di dalam. Oiya, lokasi wisatanya ini tepatnya adalah suatu tempat makan/kedai. Namanya Kedai Koffie Hideung (hideung=hitam in sundanese). Cuacanya cerah, terik tapi masih lebih adem daripada di Bekasi.

Saat nunggu pesanan makanan, saya nyamperin temen-temen saya. Mereka lagi di Mushola. Mereka kaget saya muncul wkwk. Saya gak bilang-bilang ke mereka kalau saya juga ke lokasi (tapi bawa mobil). Setelah ngobrol bentar, saya pun pamit buat lanjut ke keluarga saya (buat makan siang).

image host

Saya pesan… Nasi goreng. Haduhh jauh-jauh kok pesen nasi goreng sih? Ya.. gimana ya. Makanan favorit saya salah satunya ya nasi goreng. Apalagi kalau ke tempat yang masih belum familiar, nasi goreng cenderung bisa jadi pilihan “aman” saat pesan makanan. Pesanan datang cukup lama, mungkin karena cukup banyak pengunjung yang datang.

Saya foto-foto juga disana.

stok foto saya dikit ternyata

Udah selesai makan, udah makin sore juga (sekitar 14:30) saya pun lanjut pulang. Saya lihat di parkiran udah gak ada sepeda. Kayanya temen-temen saya udah turun duluan. Pas perjalanan turun masih menegangkan, tapi jauh lebih tenang. Karena udah “tau” jalannya, dan, turunan. Turunan juga sambil gigi 1 biar gak full ngerem. Telinga rasanya kurang nyaman karena.. kayanya kaitan sama tekanan udara deh. Sampai ke dekat gerbang utama pun sauya stop dulu buat ambil foto.

image host

Di perjalanan, sekitar jam 3 sore saya liat di pinggir jalan ada sepeda. Pas liat lagi, banyak orang. Ternyata temen-temen saya lagi pada rest di warung. Saya posisi lagi agak kenceng jadi gak sempet stop dulu. Jadi saya klakson-klakson aja (not that kind of rude-honking) dan minggir dulu pas ada spot yang memungkinkan untuk parkir sejenak buat chat “duluan ya Om”.

Waktu ashar tiba, mampir dulu ke masjid. Selesai sholat, liat grup gowes dan temen-temen saya ternyata ada sebagian yang lagi makan dulu di warung makan padang. Saya lanjut mau keluar parkiran masjid dan lihat. Lah, kaya kenal. Ternyata mereka lagi makan di warung seberang masjid. Saya mampir nemuin mereka dan ngobrol sebentar. Kemudian pamit buat lanjutin perjalanan pulang (gak langsung pulang sih, mampir dulu ke tempat kakak hehe). Perjalanan pulang lewat tol karena mulai navigasi setelah jalur wisata tadi, udah kedeteksi jalur mobil.

Itu aja ya cerita yang saya tulis, bye~