VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Ada menu makanan yang akhir-akhir ini menjadi favorit tim Excellent-Aktiva untuk sesi makan siang tiap pekan (Jum’at). Yaitu Ayam Jatinangor (Jatinangor House). Sistem makan siang di Excellent-Aktiva bisa dikatakan seperti…
Rabu lalu (11/09) pagi harinya saya sudah beberapa kali BAB dan sepertinya saya terkena diare. Saya pun memutuskan untuk tidak berangkat kerja. Saya juga kontak ke manager dan HRD terkait…
Hai semuanya, apa kabar? Di zaman yang modern ini, penggunaan web/teleconference/online meeting sudah sangat banyak digunakan. Salah satu platform yang sering digunakan adalah Zoom Meeting. Penggunaan webcam bawaan laptop terkadang…
Beberapa tahun belakangan saya menemui suatu topik di internet, yang terlihat agak eerie, aneh, namun unik juga. Yaitu Liminal Space. Di internet, fenomena ini biasanya berkaitan dengan urban legend “backroom”…
Jum’at lalu (06/09) tim Excellent – Aktiva melakukan perjalanan ke Bogor untuk acara rapat kerja (raker) tahunan, yang bisa juga disebut dengan acara Brainstorming. Semenjak saya bergabung di Excellent, saya…
SWOT? Apa tuh? Pasukan khusus polisi taktis? Bukan, kalau itu SWAT (Special Weapon And Tactics). SWOT kali ini adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Saya pernah sekilas lihat…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis yang berkaitan dengan Linux lagi nih, yaitu redirection. Fungsi ini dapat kita gunakan untuk mengarahkan output atau hasil dari suatu perintah…
Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya. Di perjalanan saya gak full lihat perjalanan. Waktu juga udah cukup sore, mepet maghrib. Sekitar pukul 17:30. Rute LRT juga melewati Stasiun Kereta…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau cerita pengalaman saya di hari libur kemarin. LRT Jabodebek sudah sekitar satu tahun beroperasi namun saya (sampai beberapa hari yang lalu) belum…
Tulisan ini adalah lanjutan dari episode perpasporan sebelumnya. Setelah selesai pemberkasan dan lainnya (pekan lalu, tanggal 23/08) saya diinformasikan oleh petugas imigrasi bahwa pengambilan paspor bisa dilakukan pada hari Kamis,…