VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis tentang Proxmox VE lagi nih. Yang gampang-gampang aja tapi. Web interface dari Proxmox VE mendukung dua mode tampilan, yaitu mode gelap…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis tentang Proxmox VE lagi nih. Di Proxmox VE bisa saja kita memiliki banyak VM/CT yang membuat kita bingung. Nah, kita bisa…
Seorang sysadmin biasanya memiliki banyak kredensial yang perlu diingat. Misalnya untuk server A, server B, akun pribadi, dan lainnya. Apalagi seorang sysadmin biasanya lebih paham mengenai kategori password yang aman,…
Tulisan santai. DI Indonesia ada fenomena sosial yang seringkali ditanggapi dengan fun atau humor. Yaitu berkaitan dengan bubur yang lebih baik diaduk atau tidak diaduk saat menyantapnya. Saya jadi ingin…
Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan kemarin. Sekitar jam satu siang, saya mulai siap-siap ke kantor imigrasi Bekasi. Saya cek lagi di aplikasi, ternyata ada dokumen yang perlu dicetak. Jadi…
Dulu saya pernah nulis sekilas tentang rencana saya bikin paspor di link ini. Tapi waktu itu gak jadi. Dan request saya waktu itu tertolak. Jadi saya perlu bikin ulang /request…
Siang ini (19/20) manager chat saya untuk mengikuti tes Bahasa Inggris online. Saat saya cek, ternyata tahun lalu saya pernah coba ambil tes ini juga. Saya lanjut mulai tesnya. Apakah…
Mungkin teman-teman bosan liat blog saya, perihal laptop rusak saja sampai 4 part. Sorry ya… Tanggal 17 kemarin mumpung libur, saya mau coba kerjain trik DIY pakai lem Epoxy. Pergi…
Malam harinya saya mampir ke komunitas laptop Advan dan grup lain di Facebook dan sharing tentang yang saya alami. Lumayan banyak yang komentar/menanggapi. Saya juga masih heran penyebab masalah ini…
Saya juga cari-cari di internet tentang permasalahan laptop Workplus yang rusak ini. Ada suatu video di Youtube yang menjelaskan bahwa kemugkinan terjadinya hal ini adalah karena dudukan yang digunakan untuk…