VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Lanjutin cerita yang kemarin, masih berkaitan dengan mobil. Keluarga saya dulu sempet juga punya mobil (sebelum yang Ayla sekarang). Yaitu Katana pas tahun 2008 dan Kijang pas tahun 2010. Dulu…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau cerita pengalaman pribadi lagi nih. Tapi udah lama banget, jadi mungkin banyak cerita yang saya sendiri juga kurang ingat hehe. Ide nulis…
Hai semuanya, apa kabar? Beberapa waktu yang lalu saya sempet bilang mau jadiin blog ini untuk catatan (materi) kuliah saya. Tapi sampai sekarang masih sedikit catatan kuliah yang saya tulis…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau lanjutin konfigurasi Ceph di Ubuntu Server. Kita lanjutkan dengan menambahkan node 2 dan 3 ke dalam kluster baru yang sudah dibuat. Kita…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis sekilas tentang Ceph lagi nih. Kalau biasanya kan saya konfigurasi Ceph di Proxmox VE. Nah, sekarang saya mau coba tulis tentang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau cerita pengalaman saya dalam.. konfigurasi alamat IP. Gak menarik ya? Hehe. Biasanya saya pakai Proxmox VE dimana basisnya itu Debian, dan juga…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya saat tindakan operasi lipoma pekan lalu. Kali ini tindakan dilakukan di RS Graha Juanda, Bekasi. Sore hari tanggal 31/05…
Hai semuanya, apa kabar? Saya baru aja operasi lagi. Seperti lima tahun yang lalu, operasi lipoma. Kalau dulu di paha kiri, kali ini di paha kanan. Ukurannya hampir sama. Saya…
Hai semuanya, apa kabar? Seorang sysadmin harus dapat mengetahui spesifikasi perangkat yang dikelola, seperti CPU, memori, dan penyimpanan yang digunakan. Di pekerjaan saya sekarang juga terkadang saya diminta untuk provide…
Hai semuanya, kali ini saya mau cerita pengalaman saya ikutan mini course (fundamental course) dari RevoU tentang software engineering. Untuk kursus ini memang bukan terkait pekerjaan tapi untuk minat pribadi…