Webinar Pertama

Beberapa hari yang lalu tempat saya bekerja mengadakan Webinar mengenai Proxmox VE. Idenya dari tim sales. Persiapan sekitar sebulan sebelumnya dan saya juga dilibatkan sebagai tim teknis, namun bukan sebagai pembicara. Beberapa pekan belakangan, saya dan manajer saya (pemilik blog imanudin.net) sibuk melakukan persiapan. Seperti pengujian alat dan skenario.

Hari H pun tiba. Sebelum weebinar dimulai, kami (tim) melakukan briefing singkat terlebih dahulu. Tentang skenario atau rencana jalannya acara. Acara dimulai jam 10 pagi. Diawali dengan sambutan dari founder excellent.co.id, sambutan pada segmen consumer success story, lalu dilanjutkan dengan acara inti yaitu pengenalan dan demo penggunaak Proxmox VE.

Ternyata yang hadir cukup banyak menurut saya. Sekitar 80-90 orang dari berbagai perusahaan. Salah satu jobdesk saya adalah standby di kolom chat dan membalas pertanyaan dari peserta. Ternyata banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Nampaknya peserta sangat antusias. Disediakan juga hadiah atau doorprize untuk beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan.

Acara webinar tersebut akhirnya selesai juga. Sekitar dua jam durasi totalnya. Wah salah satu pengalaman baru untuk saya. Dulu saya kira Webinar sistem/aplikasi seperti ini yaa seperti presentasi biasa saja, tidak banyak hal yang dipersiapkan. Ternyata tidak. Banyak hal yang direncanakan dan juga disiapkan agar acara dapat berjalan dengan lancar.

Sekian dulu tulisan saya kali ini. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment