Gagal 2FA

Senin pagi, balik kerja lagi. Rutinitas pagi hari, cek email. Pas coba masuk kok gak bisa, “kode 2FA salah”. Saya coba beberapa kali lagi tetep gak bisa. Mau lanjut coba, khawatir ternyata yang salah kredensialnya.

Sempet mikir juga, apa kredensialnya kena reset ya? Apa email saya terdeteksi kirim spam jadinya kena reset ya?

Takutnya kaya kejadian pas dulu saya baru masuk kerja disini. Salah password beberapa kali dan akhirnya alamat IP sekantor kena blokir mail server dan tim gak bisa buka email.

Saya coba lagi masuk ke akun lain yang sama-sama pakai 2FA. Ternyata gagal juga. Wah ini mah kayanya bukan masalah kredensial akun yang salah, tapi kendala di kode 2FA-nya.

Tadi pagi sebelum ke kantor, saya cek hp saya ternyata waktunya gak sinkron dengan waktu standar (saya biasa cek di time.is ). Pas di rumah saya cek beda satu menit lebih lambat. Nah, pas di kantor saya coba restart ponsel dan cek lagi di time.is, ternyata waktunya tetep belum sinkron walaupun saya pakai opsi auto update waktu.

Saya pun coba ganti atau atur waktu di hp secara manual. Langsung samakan dengan waktu terkini (jam:menitnya). Saya coba lagi masuk ke akun yang butuh 2FA. Ternyata tetep gak bisa.

Kayanya perlu set waktunya seakurat mungkin dengan standar waktu. Jadi, saya coba samakan dengan waktu yang ada di time.is. Siap siap saat pergantian menit, dan.. Klik.

Saya cek di time.is lewat hp, dan ternyata cukup sinkron. Beda 0.3 detik. Lalu saya coba lagi cek masuk ke akun yang pakai 2FA. Akhirnya bisa.

Gitu aja cerita saya kali ini. Sejauh ini belum saya coba atur waktu di hp secara otomatis lagi. Belum tau penyebabnya kenapa gak bisa sinkron dengan waktu standar. Atau.. sudah saatnya ganti hp ya? Hmmm. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment