VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing singkat mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan storage, yaitu Object Storage, S3, dan MinIO. Istilah-istilah tersebut seeringkali muncul saat membahas sistem…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulils yang berkatan dengan troubleshooting sederhana lagi nih, kaya tulisan sebelumnya. Kali ini tentang Proxmox VE. Gak jarang saya instal Proxmox VE…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing singkat mengenai kendala yang sempat saya hadapi terkait XOA-XCP-ng. Saat saya cek XOA, kok tampilannya agak berbeda. Kosong. Mirip dengan saat…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan coba salah satu fitur yang penting banget di sistem virtualisasi multi-server, yaitu Live Migration. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga agar VM…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan kali ini saya mau coba buat VM di XCP-ng, dan di dalamnya akan kita pasang OS Oreon Linux. Saya juga masih relatif awam tentang…
Setelah berhasil membuat pool XCP-ng, selanjutnya kita akan coba untuk menambahkan external storage. Pada pengujian kali ini kita akan coba untuk menambahkan NFS server. NFS dapat digunakan sebagai penyimpanan disk…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan coba untuk membuat pool/cluster di XCP-ng yang akan kita isi dengan tiga buah server. Proses administrasi yang agak kompleks seperti pengujian kali…
Hai semuanya, apa kabar? Di tulisan sebelumnya kita sudah belajar tentang cara instal VM TrueNAS di Proxmox VE. Kali ini kita akan lanjutkan agar TrueNAS-nya bisa digunakan seperti NFS server.…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing pengalaman saya dalam menyiapkan NFS server menggunakan TrueNAS Scale di Proxmox VE. Nantinya NFS ini akan dapat digunakan atau ditambahkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau coba “ngulik” lagi XCP-ng (walaupun sederhana). XCP-ng punya sistem interface yang namanya adalah XOA (Xen Orchestra Appliance). XOA dapat di-deploy di dalam…