VM Recovery Menggunakan Nakivo B&R
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah coba backup VM menggunakan Nakivo. Kali ini kita akan coba recover namun kita akan pulihkan ke server yang berbeda. Server asal…
Hai semuanya, apa kabar? Kita akan coba oprek lagi yang berkaitan dengan storage. Aku belum lanjut lagi dari tulisan di link ini . Ada kendala, jadinya aku reset dan pakai…
Hai semuanya, apa kabar? Masih ada beberapa hal yang masih perlu aku pelajari terkait storage di Proxmox VE, misalnya iSCSI dan LVM. Misalnya kita punya NAS/SAN dan kita hubungkan ke…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar tentang overcommit di Proxmox VE. Sederhananya, overcommit adalah kondisi di mana resource yang dialokasikan untuk VM melebihi resource fisik yang ada…
Testing: Reinstall Nakivo dan Periksa Isi Backupnya Hai semuanya, apa kabar? Kali ini aku mau sharing lagi per-testing-an Nakivo. Sifat tulisan ini lebih ke sharing aja bukan sebagai tutorial yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis lagi yang berkaitan dengan SSL. Yaitu self-signed SSL. Apa Itu Self-Signed SSL Self-signed SSL adalah sertifikat SSL yang dibuat dan ditandatangani/validasi…
Hai semuanya, apa kabar? Mungkin teman-teman sudah tahu kalau untuk menggunakan HA di Proxmox VE, minimal menggunakan tiga buah server. Bagaimana kalau infra teman-teman belum ada tiga server? Apakah HA…
Belakangan ini mulai naik lagi informasi tentang masa aktif SSL yang akan lebih singkat lagi. Sebenarna, ini bukan wacana yang tiba-tiba naik, melainkan sudah menjadi rencana sejak tahun 2025. Rencana…
Hai semuanya, apa kabar? Mungkin teman-teman (saya juga) ada yang pernah berpikir bahwa semakin banyak node yang digunakan, maka cluster semakin aman. Bisa jadi benar, tapi.. tidak selalu. Sebenarnya, yang…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis yang masih berkaitan dengan Proxmox lagi. Yaitu Split Brain, Quorum dan dampaknya terhadap HA di Proxmox VE. Split Brain Adalah kondisi…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis tentang clustering di Proxmox VE. Sebenarnya sudah pernah tulis terkait clustering, tapi.. lanjut aja kita bahas lagi hehe. Intinya, clustering memungkinkan…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan belajar lagi tentang clustering di Proxmox VE. Penggunaan multi-link cluster sebenarnya pernah saya tulis juga di sini. Tapi kita akan bahas lagi…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis lagi tentang Proxmox VE, yaitu terkait salah satu service yang ada di Proxmox VE dan digunakan pada urusan cluster, yaitu Corosync.…
Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis terkait salah satu distro Linux yang sangat populer. Yaitu Linux Mint. Saya sendiri sudah pernah menggunakan Linux Mint dan sejak 2025…
Hai semuanya, apa kabar? Pada tulisan sebelumnya kita sudah bahas secara singkat apa itu konsep multipath di Proxmox VE.. Kali ini kita akan pelajari bagaimana implementasinya di Proxmox VE. Konsep…