Ayam Penyet Surabaya

Kali ini saya mau sharing lagi mengenai salah satu menu makan siang favorit tim Excellent/Aktiva. Yaitu Ayam Penyet Surabaya (PenSu). Menu ini juga cukup sering menjadi pemenang tiap sesi makan siang bersama. Paket menu yang biasa dipesan terdiri dari nasi, ayam (tentu), tahu/tempe, terung, bihun, sayuran, dan sambal bawang. Cukup banyak dan lengkap.

image host

Ayam Penyet Surabaya tergabung ke dalam Wong Solo Group. Dimana grup ini juga memiliki berbagai jenis restoran. Grup ini juga berfokus atau memiliki visi untuk menjadi waralaba makanan yang berbasis islami. Hal itu juga tampak di kemasannya yang menyatakan bahwa sebagian keuntungan dari usaha akan disumbangkan kepada yang berhak. Juga, di tempat makan Ayam Penyet Surabaya (saya pernah mengunjungi yang di Grand Wisata) banyak dipajang kutipan-kutipan Islami yang biasanya berfokus kepada kehalalan yang kita konsumsi. Semoga kita semua senantiasa diberikan rezeki yang halal dan berkah. Aamiin.

Awal-awal saya mencoba waralaba makanan Wong Solo Grup ini adalah saat saya kuliah di Bogor. Lokasinya dulu terletak di Jalan Sudirman, dekat Taman Air Mancur. Saat saya cek di Maps, saat ini tempat tersebut sudah berubah jadi Indomaret.

image host

captured 2020

image host

captured 2024

Rasa ayamnya bagi saya cukup gurih, rasanya pas. Ada kremesannya juga. Menambah sensasi saat makan. Yang jadi ciri khasnya menurut saya adalah sambal bawangnya. Pedas sih, tapi ada beberapa potongan bawangnya. Enak.

image host

Hmm saya bingung mau jelasin apa lagi dari menu kali ini. Intinya, menu ini isinya beragam. Rasanya juga pas.

Sekian tulisan saya kali ini. Sampai jumpa di tulisan lainnya. Bye.

Leave a Comment