Hai semuanya, apa kabar? Seorang yang menangani server email Zimbra terkadang perlu sesekali memeriksa antrian email, apakah ada email yang gagal terkirim dan apa penyebabnya. Hal ini dapat membantu misalkan ada user yang mengeluh kalau emailnya belum diterima di tujuan, bisa saja email tersebut tertahan di antrian karena hal-hal tertentu, misalkan kesalahan pada alamat email tujuan atau hal lain.
Untuk cek antrian pada server Zimbra (CLI), kita dapat menggunakan perintah mailq
. Perintah ini akan menampilkan antrian email yang ada dengan beberapa kolom, seperti ID antrian, ukuran email, waktu, dan alamat email pengirim serta alamat email tujuan.
Misal ada kendala dalam pengiriman yang membuat antrian email tertahan, biasanya juga ada informasi atau keterangan. Seperti saat alamat email tujuan salah, inbox penerima yang penuh, timeout, dan lainnya.
Kita juga bisa cek isi dari email yang ada pada antrian. Caranya adalah menggunakan perintah postcat -q <ID antrian>
.
Sekian tulisan singkat saya kali ini. Sampai jumpa, bye~