Rutin Nulis Blog

Hai semuanya, apa kabar? Tulisan kali ini kayanya bakalan singkat aja. Personal thought.

Saya melihat salah satu blog yang cukup sering berhubungan dengan layanan di tempat kerja saya, Excellent. Yaitu blog dari Dr. Wijaya Kusumah, wijayalabs.com. Beliau adalah seorang guru, dan pada judul blognya tertulis “Menulislah Setiap Hari & Buktikan Apa yang Terjadi”. Saya pikir hal ini cukup menarik dan bermanfaat.

image host

Tugas harian saya juga salah satunya adalah menulis sebuah blog post setiap hari. Biasanya tentang tutorial atau berkaitan dengan pekerjaan. Dan sesekali juga tentang pengalaman pribadi.

Gak jarang saya juga mengalami hambatan, misalnya seperti bingung mau nulis apa. Bingung cari topiknya. Mungkin ada pekerjaan yang menarik yang saya kerjakan tapi belum berhasil/belum selesai sehingga belum bisa saya tulis. Atau overwhelmed karena topiknya cukup panjang. Untuk yang topiknya cukup panjang kadang saya akali menjadi dua part tulisannya.

Kadang juga tulisan yang saya tulis (walaupun basic) saya share juga di beberapa FB Group. Biasanya tentang Linux, seperti pada grup Linux Indonesia. Cukup membuat “traffic” blog saya agak naik, walaupun hanya belasan orang. Karena, biasanya hanya beberapa orang saja yang melihat tulisan saya, seperti manager/atasan/rekan kerja saya. Tapi at least ada orang lain yang tau atau pernah lihat blog saya.

Mungkin sejauh ini tulisan saya masih belum terlalu bagus dan bermanfaat. Namun mungkin dengan rutinnya saya latihan nulis dan nyimak tulisan orang lain (misalnya Catatan Harian Dahlan-DISWAY.id) lama kelamaan tulisan saya dapat lebih memberi manfaat juga lebih banyak diketahui orang lain. Serta berharap saya dapat meningkatkan kualitas dari tulisan saya.

Itu aja tulisan kali ini, sampai jumpa di tulisan lain. Bye~

Leave a Comment