Presentasi Pertama

Kali ini saya mau cerita (lagi). Tentang pengalaman saya melakukan presentasi. Namun bukan presentasi di tempat kerja, melainkan presentasi terkait tugas kuliah di kampus.

Saya sudah satu tahun join di Unindra. Dan selama ini setiap dapat tugas kelompok belum pernah dapat giliran presentasi langsung atau offline. Ada karena waktu dapat giliran sedang jadwal online ataupun hanya diminta untuk share materi saja.

Mata kuliah yang ada tugas presentasinya kali ini adalah mata kuliah Filsafat Ilmu. Materinya banyak berisi teori-teori yang jujur saja banyak yang belum saya pahami. Kelompok saya mendapat giliran/materi “Sejarah Ilmu Pengetahuan”.

Seperti biasa, untuk pembuatan file presentasi saya sering menggunakan Canva. Agar juga bisa dilihat dan diedit oleh anggota kelompok lain. Untungnya anggota kelompok saya masing-masing kontribusi sesuai dengan pembagian materinya. Saya bagian pembukaan dan masa pra Yunani kuno /zaman batu.

Hal-hal yang sering sekali Boss saya sampaikan di tempat kerja. Yaitu kalau presentasi jangan semua materi ditumpahkan pada slide. Cukup poin-poin intinya saja. Untuk penjelasannya disampaikan secara lisan. Karena kalau semuanya ditaruh di slide, ya pemirsa juga bisa baca. Boss saya sering juga sharing pengalaman perkuliahannya (S2 dua kali cuy) saat di tempat kerja. Misalnya ada hal yang baru, menarik, dan dirasa bermanfaat maka biasanya akan dibahas pada morning briefing.

Saya coba terapkan hal tersebut pada slides kelompok kami. Kurang lebih tampilan bagian saya seperti ini:

image host

image host

Di slide saya tempatkan beberapa shapes yang berisi inti dari materi yang sedang dipaparkan. Sedangkan untuk narasinya dituliskan pada panel Notes. Untuk teman-teman saya juga saya minta biar di presentasinya ga usah banyak-banyak. Dan slide bagian mereka kurang lebih formatnya juga mirip seperti ini. Sederhana tanpa banyak penjelasan materi yang ditulis pada slide.

Pada kelas tersebut, satu pertemuan ada dua kelompok yang maju. Kelompok kami dapat giliran kedua. Kelompok sebelumnya membahas tentang ilmu pengetahuan dan pengelompokannya. Ada beberapa topik sih yang mungkin mirip dengan kelompok saya.

Kelompok sebelumnya sudah maju, selanjutnya giliran kelompok kami. Pembukaan presentasi dan perkenalan saya yang bawakan. Kemudian masuk ke materi. Saat menjelaskan dan bicara di depan kelas, jujur saja saya masih jauh dari kata sempurna. Terkadang masih gugup dan terbata-bata dalam menjelaskan. Saya juga coba untuk tidak terlalu terpaku pada notes yang saya buat. Maksudnya, juga sambil melihat ke pemirsa instead of terus-terusan melihat catatan. Saya juga beberapa kali (mencoba) menggunakan gerakan tangan agar tidak terlalu monoton.

Dengan membuat presentasi seperti ini juga membuat saya jadi mempelajadi hal baru. Iya dong, masa iya gak tahu sama sekali dengan yang dipresentasikan? Hehehe.

Setelah sesi presentasi selesai, dosen membuka sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan diajukan kepada kelompok kami dan juga kepada kelompok sebelum kami. Dosen juga sesekali memberikan masukan atau tambahan mengenai topik yang sedang dibahas dan juga terkait pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa.

Juga, dosen memberi masukan terkait dengan bentuk presentasi. Yaitu (kurang lebih seperti ini) jangan menaruh kebanyakan tulisan pada slide karena namanya juga powerpoint, artinya poin-poin yang memiliki kekuatan. Intinya juga bu dosen apresiasi kelompok kami dan ada kelompok pada pertemuan sebelumnya yang juga tidak menuliskan terlalu banyak materi pada slides-nya.

Jadi begitulah pengalaman saya presentasi tugas pertama kali di kelas (offline) saat kuliah di Unindra. Terima kasih udah baca blog ini sampai selesai. Bye.

 

 

1 thought on “Presentasi Pertama”

Leave a Comment