Analisis SWOT

SWOT? Apa tuh? Pasukan khusus polisi taktis? Bukan, kalau itu SWAT (Special Weapon And Tactics). SWOT kali ini adalah singkatan dariĀ Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Saya pernah sekilas lihat istilah ini di media sosial. Namun baru tahu lebih jauh beberapa hari lalu di tempat kerja. Atasan saya meminta para tim/karyawan untuk mencari nilai-nilai SWOT yang terkait dengan perusahaan kami untuk dibahas di acara brainstorming eksternal/rapat kerja akhir pekan nanti.

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menulis secara singkat mengenai analisis SWOT ini. Ada empat poin, yaitu:

  1. Strength atau kekuatan. Poin ini meliputi hal positif atau nilai lebih yang ada pada suatu entitas atau bisnis.
  2. Weakness atau kelemahan. Poin ini meliputi hal-hal yang menghambat laju atau kinerja bisnis.
  3. Opportunities atau peluang. Faktor apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis.
  4. Threat atau ancaman. Hal-hal yang dapat membahayahan kinerja bisnis.

Dengan analisis SWOT, kita dapat menggali lagi lebih dalam mengenai perusahaan kita. Dan memperhatikan aspek-aspek yang ada saat ini. Misalnya hal apa yang membedakan perusahaan kita (yang menjadi poin plus) daripada pihak lain, serta hal apa saja yang perlu ditingkatkan dari kinerja saat ini. Kita juga diharapkan untuk melihat peluang apa saja yang ada untuk dapat meningkatkan bisnis dari tempat kita bekerja dan juga tetap memperhatikan risiko yang perlu dihindari guna menjaga kinerja atau keamanan dari perusahaan kita.

Kembali lagi ke topik tempat kerja saya. Tim dibagi kelompok, dan tiap kelompok diberikan topik yang berbeda-beda. Kelompok saya diberikan topik mengenai inovasi yang ada. Kami juga diberikan tugas, masing-masing anggota tim diminta untuk menyuarakan pendapatnya mengenai poin-poin SWOT ini. Saya juga tadinya masih bingung. Tapi setelah melihat beberapa contoh dari rekan kerja yang lain, saya mulai “aha moment” dan coba tulis poin-poin yang saya pahami terkait tempat saya bekerja sekarang. Tapi gak tahu deh yang saya tulis ini sejalan dengan tujuan/tema kelompok gak ya hehehe.

Intinya, poin-poin yang mengenai SWOT ini dapat menjadi pemahaman tentang posisi atau kondisi perusahaan saat ini dan juga sebagai rencana pengembangan bisnis atau usaha dari perusahaan.

Itu dulu tulisan kali ini. Sampai jumpa. Bye.

Leave a Comment