Tes Bahasa Inggris

Siang ini (19/20) manager chat saya untuk mengikuti tes Bahasa Inggris online. Saat saya cek, ternyata tahun lalu saya pernah coba ambil tes ini juga. Saya lanjut mulai tesnya. Apakah hasilnya lebih baik atau malah sebaliknya?

Soal totalnya ada enam puluh. Ada pilihan ganda, listening, isian singkat, dan reading. Beberapa soal yang saya temui materinya saya masih ingat dengan materi yang diperlajari di perkuliahan. Tentang conditional sentences. Walaupun gak 100% paham, setidaknya ada yang ngerti hehe.

Makin akhir soalnya bagi saya makin susah. Ada teks yang cukup panjang. Dan mungkin saya kurang intens ingin cepat-cepat selesai. Mungkin bagian yang ini salah.

Semua soal berhasil diisi dan hasilnya… 44/60. Saat saya cari hasil tes saya yang sebelumnya (tahun lalu), nilai saya lebih tinggi yaitu 49/60. Selisihnya lumayan ya? Saya sempet mikir kaya gini: “Kok bisa ya? Padahal ada beberapa yang dipelajari di kuliah”. Saya pun berpikir untuk retake. Tapi mau istirahat dahulu karena sudah mau jam istirahat.

Sekitar jam satu siang (jam masuk kantor), saya kepikiran untuk retake. Mungkin aja bisa dapat hasil yang lebih tinggi.

Kali ini saya menyadari bahwa saya kurang teliti dalam membaca soal dan mengerjakannya. Ternyata cukup banyak soal yang meminta jawaban lebih dari satu. Wah pantas saja selisih nilainya cukup banyak dibandingkan hasil tes saya tahun lalu. Saya pun coba untuk mengerjakan soal yang lain dengan lebih teliti juga.

Tetap ada beberapa soal yang saya masih kurang paham. Akhirnya selesai juga. Saat hasilnya muncul, lebih tinggi. Kali ini 51/60.

image host

Gitu aja cerita saya kali ini. Bagi teman-teman yang mau coba, linknya ada disini. Langsung saja scroll ke bawah (bagian utama). Masukkan kontak (email) karena hasil juga dikirimkan melalui email. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment