Keyboard Lambat

Beberapa hari lalu saat saya ada pekerjaan lembur, (saya sedang pakai Zorin OS) sedang edit dokumen dan tiba-tiba keyboard saya seperti tidak berfungsi. Saya coba pakai keyboard eksternal bahkan on-screen keyboard pun tetap seperti tidak merespon. Saya pikir mungkin sistemnya hang atau lag, sehingga saya coba restart. Saya juga menyadari bahwa kalau saya tekan tombolnya agak lama, baru tombol tersebut ter-register oleh sistem.

Yang saya heran adalah saat di login screen, keyboard berfungsi dengan normal. Namun saat masuk ke desktop masalah tersebut terulang kembali. Saya pikir, sepertinya bukan karena sistem yang lemot/lag karena kursor saya berfungsi dengan normal.

Saya pun coba restart dan menggunakan Windows. Normal dan masalah tersebut tidak terjadi. Akhirnya saya melanjutkan pekerjaan menggunakan Windows. Saya pun sempat berpikir untuk ganti distro Linux (pengen coba pakai Ubuntu 24).

Beberapa hari kemudian, saya coba cari di internet tentang masalah ini. Ada kata yang terlihat “mencolok”, yaitu “slow keys”. Saya cari tau lebih lanjut, ternyata Slow Keys ini adalah suatu fitur aksesibilitas. Benar saja, saat saya nonaktifkan opsi tersebut, keyboard berfungsi dengan normal.

Sepertinya tanpa sengaja saya menekan kombinasi tombol/shortcut yang mengaktifkan opsi ini. Karena keyboard saya sudah normal kembali, sepertinya saya gak jadi pakai distro lain.

Leave a Comment