Mendapatkan Email yang Terdaftar pada Distribution List Zimbra

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis yang berkaitan dengan pekerjaan saya. Kali ini terkait layanan Zimbra. Pada waktu itu saya diminta untuk menarik data email apa saja yang terdaftar pada suatu alamat distribution list. Ada dua cara yang akan saya tulis terkait hal ini.

Cara pertama adalah apabila kita tidak mengetahui alamat dari distribution list yang ingin kita cari anggotanya. Untuk hal ini, terlebih dahulu kita masuk dulu ke Zimbra Server, dan gunakan perintah zmprov gadl . Hasil dari perintah ini adalah menampilkan daftar distribution list apa saja yang ada pada Zimbra Server, namun bukan anggota dari distribution list-nya.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih detil (termasuk anggota dari distribution list-nya), kita bisa menggunakan perintah zmprov gadl -v . v = verbose.  Hasil dari perintah ini adalah menampilkan juga anggota dari distribution lists beserta dengan detil atau informasi lain. Kita juga bisa menambahkan sintaks | more pada perintah tadi agar lebih mudah saat menelusuri hasilnya (misalnya hasilnya terlalu banyak).

Cara lainnya adalah apabila kita sudah mengetahui alamat dari distribution list-nya. Kita bisa gunakan perintah zmprov gdl <alamat distribution list>. Perintah ini akan menampilkan anggota dari distribution list beserta beberapa informasi lain.

Sekian dulu tulisan kali ini, sampai jumpa. Bye~

Leave a Comment