Pengalaman Ikut Course Software Engineering

Hai semuanya, kali ini saya mau cerita pengalaman saya ikutan mini course (fundamental course) dari RevoU tentang software engineering. Untuk kursus ini memang bukan terkait pekerjaan tapi untuk minat pribadi dan saya mau tulis dengan singkat pengalaman saya ikut kursus tersebut. Kursus ini berlangsung selama dua pekan (sepuluh hari kerja). Materi yang dibahas ada tentang software engineering secara umum dan juga pada praktik kursus ini materinya adalah tentang web programming dasar seperti HTML5, CSS, dan Javascript.

Saya sendiri dulu pernah belajar dasar-dasar materi tersebut saat kuliah D3 dulu. Tapi saya rasa kursus ini bisa refresh memori dan pengetahuan saya mengenai materi-materi tersebut. Dan ternyata banyak yang belum saya kuasai juga hehehe. Untuk kursus ini, para peserta juga bergabung dalam suatu group chat untuk diskusi mengenai materi ataupun tugas di kursus ini. Materi kursus diberikan setiap hari (hari kerja) melalui rekaman/live Youtube jam tujuh malam. Perlu niat yang kuat untuk ikut nyimak, karena siang sudah kerja dan malam ada kursus hehe.

Walaupun kursus ini gratis, namun ada tugas akhirnya juga. Tugas akhir juga merupakan syarat untuk mendapatkan sertifikat penyelesaian kursus. Tugas akhirnya ada dua jenis, yaitu kuis teori untuk menguji seberapa jauh pemahaman kita terhadap konsep atau materi yang diajarkan, juga tugas praktik yaitu membuat halaman web sederhana menggunakan HTML5, CSS, dan JS.

Akhirnya saya menyelesaikan tugas akhir yang diberikan, yaa walaupun dengan hasil yang sangat sederhana. Untuk sesi kursus yang saya ikuti ini, tugas akhirnya adalah membuat program kalkulator sederhana. Gambar 1 menampilkan program yang dibuat:

image host

gambar 1

Terlihat sangat sederhana, bukan? Saya liat hasil kerja anggota kursus lainnya wah banyak yang lebih advance. Saya juga mengumpulkan tugasnya agak telat karena sebelumnya ada acara lain yang kurang memungkinkan apabila saya nugas. Saya berharap tetap dapat sertifikatnya walaupun telat mengumpulkan. Udah capek-capek ikut kursus dua pekan dan mengerjakan kode (yang sederhana) masa gak dapat? Hehehe.

Beberapa hari kemudian saya pun cek email dan saya mendapatkan sertifikat penyelesaian kursus (gambar 2). Lumayan deh, walaupun hanya kursus fundamental dan tugas yang saya kumpulkan sangat sederhana hehe.

image host

gambar 2

Itu saja yang saya tulis kali ini. Saya lebih suka dengan kursus yang ada tugasnya seperti ini, karena bisa menguji kemampuan kita. Dibandingkan kursus yang kebanyakan menonton video saja seperti pada Udemy. Tapi saya juga masih banyak kursus di Udemy yang belum saya selesaikan. Hmm.. Mungkin saya akan coba selesaikan kursus-kursus Udemy yang sudah di-redeem tersebut. Sampai jumpa di tulisan lainnya, bye~

Leave a Comment