Proxmox VE – Ceph

 

image hostgambar 1 – logo Ceph (sc: ceph website)

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau bahas yang berkaitan dengan Proxmox lagi nih. Kali ini bahasannya adalah salah satu jenis storage yang ada pada Proxmox. Dulu kita pernah bahas jenis-jenis storage contohnya adalah shared storage berbasis NFS. Jadi, saya menggunakan perangkat penyimpanan synology yang dihubungkan ke cluster Proxmox VE untuk dapat digunakan sebagai media penyimpanan.

Ada juga yang namanya Ceph. Saya juga sebenarnya masih belajar tentang Ceph. Ceph sendiri dapat diinstal dengan mudah pada Proxmox VE karena pada Proxmox VE sudah terdapat menu Ceph di dalamnya. Namun Ceph ini bukan pre-installed, namun kita perlu memasangnya terlebih dahulu.

Nah, Ceph adalah suatu sistem distributed storage yang dapat dijadikan solusi penyimpanan pada Server. Ceph mampu/mendukung penyimpanan hingga ukuran petabyte. Sama seperti shared storage lain, artinya kita dapat mengakses suatu data yang disimpan pada storage dari node mana saja yang terhubung ke storage tersebut.

Namun bedanya adalah, apabila menggunakan media penyimpanan seperti NFS, artinya lokasi/media penyimpanan berada di perangkat lain (misalkan perangkat synology in my case). Sedangkan Ceph secara default menggunakan media penyimpanan/disk yang terpasang/mounted pada tiap node. Jadi, misalkan kita memiliki 3 node yang masing masing memiliki 1 TB disk untuk dijadikan storage, nah kapasitas penyimpanan Ceph bukan 3 TB melainkan tetap 1 TB. Namun data didistribusikan ke semua storage pada masing-masing node sehingga memastikan redundansi dan data masih dapat diakses apabila salah satu node ada yang mati.

Ada beberapa komponen utama yang ada pada Ceph, yaitu Ceph Monitor dan Ceph OSD

Ceph Monitor dapat diibaratkan sebagai “main control” atau bagian yang melakukan manajemen operasi penyimpanan Ceph. Seperti memantau kesehatan atau kondisi dari OSD, koordinasi penyimpanan data dan replikasi lintas node, juga komunikasi antar komponen Ceph.

Sedangkan Ceph OSD (Object Storage Daemon) merupakan media penyimpanan data (actual storage). OSD membutuhkan instruksi dari Monitor untuk kegiatan penyimpanan data, replikasi, dan konfigurasi cluster.

image host

gambar 2 – menu Ceph

Menu untuk memasang Ceph ada pada menu utama, baik pada node ataupun Datacenter seperti pada gambar 2 berikut. Pilih Install Ceph untuk melakukan instalasi. Namun, untuk tulisan kali ini saya tidak memberikan panduan instalasi dan konfigurasi yaa. Hanya untuk pengetahuan sekilas mengenai Ceph. Mungkin di kesempatan lain akan saya tulis. Sampai jumpa, bye~

 

 

Leave a Comment