Mode Gelap Google Docs (menggunakan ekstensi di Firefox)

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis yang singkat aja. Terkait yang baru saya alami semalam.

Semalam saya rencananya mau nulis draf buat kiriman di blog. Mengenai Gnome-boxes. Saya mulai menyusun draf di Google Docs. Saya pakai Zorin OS dan tersedia fitur otomatis menjadi mode gelap saat malam hari. Saya lihat hampir semua UI yang ada pada Zorin sudah bertema gelap, termasuk Firefox, browser yang biasa saya gunakan.

gambar 1 – masih terang docsnya

Tapi, untuk Google Docs tidak menggunakan mode gelap untuk mode PC (belum ada fiturnya). Dan apabila saya switching apps Docs-Gnome boxes bolak-balik, agak pusing juga. Karena UI lain sudah tema gelap, tapi Docs masih mode terang (gambar 1).

gambar 2

Saya cari-cari ternyata ada suatu ekstensi yang memungkinkan Google Docs menjadi mode gelap di Firefox. Namanya DocsAfterDark. Pemasangannya mudah. Cari DocsAfterDark di situs web resmi Mozilla https://addons.mozilla.org/id/firefox/ . Untuk mengaktifkannya, buka menu Add on and Themes (Ctrl+Shift+A di Linux).

Dengan mengaktifkan ekstensi tersebut, tampilan Docs bisa berubah menjadi mode gelap. Cukup membantu apabila teman-teman biasa menggunakan mode gelap di aplikasi lainnya. Itu dulu yang saya tulis kali ini. See you in next post, Bye~

Leave a Comment