Operasi Lagi

Hai semuanya, apa kabar? Saya baru aja operasi lagi. Seperti lima tahun yang lalu, operasi lipoma. Kalau dulu di paha kiri, kali ini di paha kanan. Ukurannya hampir sama. Saya putuskan untuk operasi karena disarankan juga oleh dokter saat kegiatan medical check up yang pernah diadakan di tempat kerja saya.

Untuk tulisan kali ini saya hanya ingin menyebutkan tahapan apa saja yang dilakukan sebelum tindakan pembedahan. Barangkali berguna bagi pembaca yang ingin dioperasi juga. Apa tulisan ini sudah bisa diakses/muncul saat dicari menggunakan Google? Belum tahu. Mungkin saya perlu belajar SEO agar tulisan saya bisa menjangkau pembaca yang lebih luas, gak hanya teman-teman kantor dan teman dekat saja hehehe.

Tentu kita perlu melakukan pendaftaran untuk pemeriksaan awal. Pemeriksaan dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah umum. Selanjutnya, gak langsung operasi. Tapi saya juga dites USG juga. USG bukan hanya untuk pemeriksaan kehamilan lho hehe. Jadi, si lipoma-nya di-USG, untuk .. mungkin diamati oleh tim dokter. Proses USG ini dilakukan sekitar satu pekan setelah pemeriksaan awal oleh dokter bedah.

Sepekan kemudian setelah tes USG, waktunya ambil hasil USG dan bertemu lagi dengan dokter bedah. Dicek kembali lipomanya, kemudian saya pun diminta untuk rontgen dan tes darah sesudahnya. Hasil rontgen dan tes darah dapat selesai mulai dari hitungan jam hingga beberapa hari. Untuk case saya, hasil rontgen diinfokan tersedia dalam 1-2 hari, sedangkan hasil tes darah dapat diambil beberapa jam kemudian setelah tes darah.

Saya pun bilang ke petugas RS untuk hasil tes darah bareng saja dengan hasil rontgen. Saya tanya lagi ke petugas rumah sakit apa prosedur selanjutnya. Prosedur selanjutnya adalah tanda tangan persetujuan operasi lalu tindakan operasi. Tanda tangan persetujuan tindakan saya lakukan beberapa hari setelah tes darah dan rontgen, sekitar 1-2 hari seingat saya.

Setelah tanda tangan, diinformasikan oleh petugas RS kapan mulai masuk dan waktu tindakan operasinya. Tegang sih. Tapi, untuk tulisan kali ini saya gak tulis proses tindakan operasinya yaa. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment