Lipoma – Tumor versi Mini

Hai semuanya, apa kabar? Saya mau berbagi cerita saya terkait suatu kondisi medis beberapa tahun lalu. Yaitu Lipoma atau benjolan kecil, yang bisa dikatakan tumor jinak non kanker. Dulu saat saya SMA (kalau tidak salah sekitar 2016an) mulai tumbuh benjolan di paha kiri saya dan terus membesar hingga saya kuliah. Saat liburan semester tahun 2019 keluarga saya menyarankan agar periksa ke dokter agar ditangani. Cek ke klinik dan disarankan untuk dioperasi. Gak langsung saat itu juga dioperasinya, tapi beberapa kali ke klinik untuk urusan administrasi, lalu dirujuk ke RS Bella untuk tindakannya. Saya kurang ingat tentang urusan administrasinya (dulu diurus orang tua saya hehe). Beberapa hari sebelum operasi juga diambil roentgen. Saya lebih ingat prosesi tindakan medisnya.

Hari operasi tiba. Sekitar jam 9 pagi, saya, kakak (waktu itu belum menikah), dan ayah saya menuju ke rumah sakit menggunakan taksi online (dapatnya tetangga saya hehe). Sebelumnya kepikiran mau bawa mobil sendiri, tapi inget lagi yang dioperasi kaki kiri saya dan mobil saya manual jadi waktu itu saya pikir ga usah deh. Sampai disana, urus-urus administrasi (orang tua saya yang nganuin) dan saya masuk ke ruang IGD, pukul 11 kayaknya. Kalau tidak salah diperiksa dan dipasang infus. Kayanya baru kali itu lagi deh saya “ngerasain” diinfus, sebelumnya terakhir dirawat di RS pas masih kecil banget, dan kayanya saya juga udah gak terlalu inget lagi.

Selanjutnya dibawa ke ruang inap, pakai kursi roda. Padahal mah jalan juga bisa (tapi emang udah prosedur mungkin ya? hehe). Untuk operasinya malam, sekitar jam 7. Sekamar ada dua orang, saya dan pasien lain. Ruangannya agak gelap dan agak susah sinyal hehe. Sore harinya perawat datang dan saya diminta untuk ganti kostum, jadi pakai baju pasien.

Waktu operasi pun tiba, jam 7 lewat. Saya pun pindah kasur dan didorong ke ruang operasi. Di ruang operasi pun dipindah ke meja operasi. Dipasang selang oksigen (bukan masker) – nasal cannula. Saya kurang inget rasanya kaya gimana, tapi kayanya sama aja dg nafas biasa tapi kaya ada hembusan tambahan gitu hehe.

Selanjutnya sesi pembiusan. Pas siang saya berharap dibius total, karena biar bisa tidur. Ternyata nggak. Dibiusnya di punggung. Saya rasa ini lebih ngeri daripada diinfus/ambil darah dari tangan. Saya juga sempet dimarahin dokter karena gak mau diem pas mau disuntik. Akhirnya jadi disuntik, aduh. Beberapa saat selanjutnya saya disuruh tiduran, depan badan saya dipasang tirai biar gak keliatan proses operasi paha saya. Kaki saya mulai agak kesemutan dan… Felt nothing below my stomach. Gak kerasa kaki saya lagi diubek-ubek. Di ruangan operasi juga dingin banget saya sampai menggigil. Saya pun ditutupi handuk di badan saya biar gak terlalu kedinginan, tapi masih dingin cuy…

Saya kurang inget operasinya berapa lama, tapi kayanya gak sampai satu jam. Setelah saya selesai operasi, saya pun dipindahkan ke holding point (kaya apaan aja holding poing-bukan itu namanya gaes, pokoknya ruangan tunggu sebelum meja operasi) dan pasien selanjutnya adalah pasien yang seruangan dengan saya. Dia masuk ke kamar operasi, saya masuk juga, tapi ke kamar inap. Balik lagi didorong. Sampai juga ke kamar inap.

Efek bius masih terasa. Saya gak ngerasain kaki saya, ibarat “buntung” dari perut ke bawah. Mungkin ini juga yang dirasakan orang dengan spinal cord injury. Keesokan harinya efek bius udah reda dan saya udah bisa ngerasain kaki saya. Saya pun bisa pulang. Tapi malam harinya. Saya gak ceritain hal-hal apa aja di hari kedua ya hehe. Saya dan keluarga pun pulang pakai taksi online. Ternyata jalanan lancar, saya sempet pikir  “kalo lancar gini bisa kali bawa mobil”. Tapi ya sudah.

Thanks for reading~

 

2 thoughts on “Lipoma – Tumor versi Mini”

Leave a Comment