Kuliah Neural Network (curhat)

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis pengalaman lagi nih hehe.

Di semester kali ini saya ambil mata kuliah Neural Network karena dulu pas saya kuliah D3 gak ada mata kuliah tersebut. Pas proses belajar, beuh. Banyak konsep yang blm saya pahami. Karena memang mata kuliah ini bukan untuk semester awal.

Materi yang dipelajari adalah berbagai metode yang digunakan sebagai basis dari machine learning mulai yang paling dasar seperti McCulloch & Pitts (McP), Perceptron, Adaline, Madaline, dan lainnya. Saya sendiri kurang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, tapi juga gak teralu “hah hoh” banget. At least ada beberapa yang ngerti hehehe.

Dua pekan lagi ujian akhir (UAS) dan beberapa mata kuliah ada tugas besarnya. Termasuk mata kuliah neural network ini. Tugasnya diminta buat program sederhana untuk memahami cara kerja neural network. Bahasa pemrogramannya bebas, dan metodenya juga bebas. Tugas kelompok. Saya dulu sempat mikir bikin proyek mengenali tulisan tangan menjadi angka tertentu. Bisa sih, tapi kayanya canggih banget.

Tugas kelompok, saya tanya teman-teman sekelompok mereka banyak yg kurang paham. Saya juga sama wkwk. Dan mulai mendekati deadline. Saya pun tanya temen di kelompok lain dan juga liat pesan dari ketua kelas kalo programnya gausah susah-susah/expert dan pakai metodenya bebas saja. Saya pun coba pelajari metode Perceptron dari awal lagi. Alhamdulillah mulai ngerti konsepnya. Cari-cari tutorial ternyata ada yang bikin contohnya. Saya coba ikutin dan ubah beberapa parameternya. Ternyata bisa.

Memang program yang saya buat sangat-sangat basic. Tapi saya mau coba lebih effort saat bikin videonya, biar nutupin kekurangan programnya hehehe. Saat tulisan ini dibuat, saya belum bikin video narasinya. Mumpung besok libur, saya mau coba untuk bikin videonya. Hehe.

Sampai ketemu di tulisan lainnya, bye~

2 thoughts on “Kuliah Neural Network (curhat)”

  1. Saat mengerjakan tugas kuliah, prinsipnya memang jangan ditunda. Kalau dicicil dan dikerjakan, akhirnya akan selesai juga

    Reply

Leave a Comment