Medical Check Up Kantor

Hai semuanya, kali ini saya mau cerita. Di kantor saya udah ada rencana untuk medical check up (MCU) untuk tim sejak beberapa bulan lalu, tapi baru terlaksana belakangan ini. Check up ini berguna untuk cek kesehatan tim, dan deteksi problem atau masalah kesehatan apa aja yang barangkali diidap oleh tim. Saya juga penasaran, kalo check up kaya gini tuh ngapain aja sih? Dan apa aja yang dicek?

image host

AI generated

Hari Senin (15/01) di kantor kedatangan perwakilan dari Pramita (vendor medical check up, laboratorium klinik) dan dijelaskan secara singkat tentang ada tes apa aja dan apa aja yang harus dilakukan. Kita disuruh isi formulir yang didalamnya kita isi dengan biodata singkat dan berbagai kondisi kesehatan kita secara umum. Juga mengenai alergi apa saja yang kita punya, dan kondisi medis tertentu apa yang pernah dialami.

Untuk isi form ga begitu susah ya gaes ya. Nah, untuk MCUnya sendiri itu bukan besoknya, bukan juga lusanya. Tapi di hari Kamis (18/01). Sebelum MCU, kita diminta untuk puasa sekitar 10-13 jam, tapi masih boleh minum air putih. Saya kebagian sesi 3 di jadwal, yaitu sekitar jam 11. Beberapa hari belakangan saya mulai menerapkan untuk tidak makan berat melewati jam 8/9 malam. Jadi, untuk makan malam saya biasanya sekitar jam 7/8 malam. Banyak yang bilang hal ini bermanfaat, karena untuk menjaga sistem pencernaan agar tidak bekerja keras saat malam, dimana sistem pencernaan perlu istirahat.

Dahulu, saya kurang peduli dengan hal tersebut. Makan jam 10 malam bahkan tengah malam merupakan hal yang biasa saya lakukan. Tapi kayanya udah deh, kayanya gak bakal baik in the long run. Perut makin buncit walau overall keliatannya kurus. Target kesehatan yang menarik, no more heavy meal after 8 pm.

Lanjut, di H-1 MCU saya pun tidur gak kemaleman, kayanya saya udah tidur jam 9 malam. Gak lupa saya minta ke Ibu saya untuk gak usah siapin bekal. Pagi harinya saya berangkat ke kantor dan liat udah banyak tim dari Pramita, ada bus dan banyak mobil. Suasana kantor juga sibuk banget keliatannya. Ruang atas diubah jadi tempat pengetesan. Saya pun diminta untuk standby kerja di markas (kantor) lain, gak terlalu jauh hanya beberapa ratus meter dari kantor utama.

Standby kerja seperti hari-hari biasanya, jam 10 Bang Jaya ngajak buat ke kantor utama, padahal kita di jadwal mulainya jam 11. Kayanya agak cepet nih, dan sesi sebelumnya udah pada selesai. Lanjut ke markas utama.

Sampai di markas utama, saya liat sebagian tim udah ada yang dites. Mula-mula kita diminta untuk verifikasi administrasi. Foto, data, tanda tangan. Setelah itu cek mata. Saya agak takut juga minus saya nambah, terakhir cek udah -3.50 both eyes. Tiba giliran saya buat tes mata. Pake alat, yang diliat pas pakai alat itu ada hamparan rumput hijau dan ada rumah ditengahnya. Terlihat fokus yang berubah-ubah. Saya gak ngerti mekanisme alatnya dan hasil tes mata pun keluar. Syukurlah hasilnya masih mirip dengan hasil tes saya sebelumnya (~ -3.50).

image host

Setelah tes mata, tes selanjutnya adalah x-ray atau Roentgen. Atau cek thorax. Tesnya dilakukan di bus. Busnya bukan bus full size, tapi bus medium. Di bagian belakang kabin bus tersebut terdapat ruangan khusus untuk xray dan beberapa sofa tunggu. Kita diminta untuk buka baju dan menempel di suatu struktur gitu, untuk foto toraksnya. Karena sering liat video di YT tentang radioaktif, radiasi, nuklir, and stuffs , saya jadi agak takut nih wkwk. Tapi sebenernya mah untuk xray memang radiasi tapi sangat sedikit.

Radioactive

Kalo gak salah, ada rentang waktu tertentu untuk seseorang melakukan xray, antara satu xray dan xray lain. Saya terakhir xray kalo gak salah 2019, pas mau operasi Lipoma (tumor mini 🤏). Saat xray kali ini juga saya liat petugasnya klik capture dari luar ruangan. Pas capture pintu ruangan xray ditutup. Apakah ini untuk mengurangi paparan radiasi karena petugasnya sehari hari nanganin xray? I don’t know exactly.

Setelah xray saya, Bang Jaya, dan yang lain menuju ke lantai 2 markas buat tes yang lain. Ada pengukuran tinggi dan berat badan juga. Selanjutnya tes darah. Waduh, saya sebenernya gak yang takut banget sama jarum suntik, tapi tetep aja gimana gitu. Gugup. Mungkin karena tahun lalu sempet coba donor darah, dan setelahnya ngerasa pusing banget. Kepikiran hal ini bikin gugup juga kayanya. Hehehe.

image host

AI generated

Akhirnya tiba juga giliran saya. Seperti biasa dibersihin dulu, diiket torniquet, siap siap jarum. Waduh makin gugup ini. “Tenang aja mas”, kata petugasnya. Suntik, duhh.. Gak sakit-sakit banget sih, tolerable. Tapi gugupnya itu loh. Setelah itu diminta untuk ambil sampel urin. Saya dulu pernah juga tes urin, cek tulisan ini ya.. Gausah diceritain kali ya hehehe. Setelah itu diminta untuk makan (dapet jatah makan juga, jadi MCU sudah termasuk jatah makan) dan nanti 2 jam setelah makan ambil darah lagi 😞. Nasi kotak. Seinget saya lauknya ada ayam kecap, tempe orek, telur balado, dan sayuran. Juga ada buah pisang. Jos.

image host

Habis makan, ngantri tes lain. Ada tes lain yaitu Elektrokardiogram (EKG), kalo gak salah buat periksa aktivitas jantung. Ada banyak patch yang ditempel di tubuh. Utamanya dada dan kaki. Lengan juga dipakein alat yang seinget saya kaya clamp gitu. Gak kerasa apa-apa, kirain bakal ada ndut ndutan mini setruman gitu, ternyata nggak. Tesnya sebentar kok cuma beberapa menit.

Selanjutnya ada tes kesehatan umum. Di bilik berikutnya. Awalnya di tes buta warna pake buku Ishihara (kayanya kalian udah pada tau juga deh). Terus ditanya perihal kesehatan secara umum (based on the previously filled form). Pada bagian “pernah operasi” saya isi kurleb kaya gini “pernah, 2019” dan saat sesi tes ini juga saya bilang, dulu yang dioperasi di paha kiri. Pas dulu sebenernya di paha kanan juga mulai ada “bibit” di paha kanan tapi masih keciil banget 🤏 nah sekarang yang kanan udah cukup gede. Kayanya segede yang di paha kiri dulu. Ditanya juga sama dokternya “gak coba dioperasi mas?”. Hmm.. Lain kali aja mungkin ya..

Pas tes kesehatan umum ini juga ada cek tekanan darah, cek telinga, juga cek yang kaya gini-> lutut diketuk pake palu. Bukan dipukul ya gaes ya hehe. Kayanya ini buat tes refleks atau syaraf gitu, kurang paham juga. Tes kesehatan umum selesai.

Nunggu jarak 2 jam semenjak suapan pertama makan siang buat ambil darah. Saya kepikiran pengen cepet-cepet selesai, cepet-cepet balik ke markas 2. Udah gak mikirin gugup seperti ambil darah sesi pertama. Akhirnya ambil darah lagi. Dan rangkaian kegiatan MCU pun selesai. Hasil MCU gak langsung muncul di hari itu ya gaes ya. Sampai saya tulis ini juga belum keluar, mungkin beberapa hari lagi.

Gitu dulu ya tulisan kali ini. Tulisan selanjutnya kayanya saya mau nulis pengalaman gowes, karena akhirnya saya kesampaian juga gowes ke Jakarta (nyampe Jaksel). Menarik. Stay tuned, bye~

Leave a Comment