Ujian Akhir Semester

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis lagi nih, tapi tentang pengalaman pribadi. Karena sejauh ini kebanyakan tulisan saya mengenai teknis hehe.

Photo by Ivan Aleksic on Unsplash

12 November, tanggal yang cukup menjadi pikiran saya akhir-akhir ini. Hari dimana hal-hal yang saya pelajari sejauh ini di perkuliahan akan diuji. Tepatnya di hari itu saya melakukan ujian akhir semester.

Mungkin dari teman-teman yang pernah membaca blog saya akan bertanya-tanya, kenapa cepet banget bulan 11 udah UAS aja, padahal kan join kuliah bulan 9. Kok cuma dua setengah bulan? Karena saya mengikuti program non-reguler dan satu semester dibagi dua paket. Per paket empat mata kuliah. Dipadatkan. Nah, ujian di tanggal 12 ini lebih tepatnya adalah ujian akhir paket (UAP).

Paket kali ini saya mengambil mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, Pemrograman 1 (SMT 1) dan Statistika Dasar, Praktikum Struktur Data (SMT 3). Karena saya kelas lanjutan, jadi kelasnya gak tetap dan pindah pindah hehe.

Di paragraf pertama rencananya pengen nulis dengan artistik / bahasa yang wah kaya di novel-novel. Tapi kayanya saya belum bisa atau masih belum nyaman. Jadi balik lagi ke gaya nulis saya kaya biasanya aja ya. Hehehe.

Mulai dari akhir bulan 10 kemarin saya mulai agak ngebut nih, terutama di MK Statistika dasar. Karena ada tugas untuk merangkum hampir semua materi sebagai nilai tugas. Saat mengikuti mata kuliah ini awal awal saya pikir “wah gampang nih, bisa kayanya ini mah”. Ya memang saya rasa cukup mudah karena awal materi membahas seperti pengertian data, pengambilan sampel, nilai rata-rata (mean), median, modus. Mirip yang dipelajari saat sekolah dulu, namun ada juga data kelompok, kuartil, desil, persentil dan lainnya. Saya pikir kayanya masih bisa nih ngikutin.

Things changed after 6th chapter. Mulai makin “asing” bagi saya materinya. Materi mulai dari grafik atau model populasi, hipotesis dan pengujiannya, distribusi, regresi, dan lainnya. Waduh, saya mulai gak bisa keep up dengan materi ini dan hampir tiap pertemuan setelah pertemuan 7 saya kurang bisa memahami materinya.

Untuk tugas rangkuman ini, di materi awal saya masih semangat ngerjainnya karena materinya masih familiar dan saya cukup ngerti. Mulai materi ke-7 dan seterusnya, saya sempet mikir. Ini gimana ya, banyak yang gak ngerti. Saya jadinya lebih ke “nyalin materi” daripada merangkum. Tapi saya pikir, lumayan hitung-hitung siapa tau ada yang nyangkut walau cuma nyalin.

Photo by Andrik Langfield on Unsplash

Makin akhir, makin bingung dan turun semangat. Di tahap ini balik lagi ke ngerangkum. Tapi cuma poin-poin definisi dan rumusnya. Dan tidak begitu paham materinya. Tapi akhirnya “selesai” juga saat h-1 ujian.

Kali ini tentang MK Pemrograman 1. Mata kuliah ini membahas pemrograman dasar menggunakan bahasa Pascal. Dulu saat MK Aplikasi Komputer di kampus lama (D3) sempat mempelajari materi ini juga, jadi MK /materi ini juga tidak terlalu asing bagi saya.

Jujur, saya kurang mahir (atau kurang bisa) terkait pemrograman. Kayanya karena logika saya masih kurang tajam untuk memahami algoritma yang ada dalam pemrograman. Kebanyakan nilai saya dulu pas D3 kalo berkaitan dengan coding hasilnya kurang memuaskan.

Photo by Clément Hélardot on Unsplash

Pas kuliah yang sekarang, saya baru paham lebih jelas mengenai berbagai sintaks dan hal lainnya pada pemrograman. Seperti, dulu saya masih belum paham kalo ketemu misalkan, for i:=1 to 5 do nah saya mulai lebih paham i itu buat apa sih sebenernya. Tapi kalo disuruh bikin program dari 0 sih kayanya masih belum bisa. Masih sering didampingi sama ChatGPT hehe.

Mata kuliah selanjutnya, Praktikum Struktur Data. Saya dulu saat D3 pernah mengambil MK Struktur Data (kuliah+praktikum). Tapi, di kampus saya saat ini MK yang diakui (converted) hanya satu, yaitu kelas kuliahnya saja. Tinggal ambil yang praktikum. Materi MK ini mirip-mirip dengan Pemrograman 1, sama-sama Pascal namun versi “pro” nya. Seperti array, stack, pointer dll. Materi yang saya pernah denger. Tapi juga kurang paham. Nah di kelas ini materi dibagikan secara online (kelas praktikum). Mungkin ibarat kelas ini merupakan kelas tugas dari kelas Kuliah Struktur Data. Di kelas ini saya kurang engage karena saya hanya ikut praktikum saja tidak kelas kuliahnya. Kemungkinan di semester yang akan datang apabila ada MK seperti ini lagi (hanya kelas kuliah/praktikum yang diakui) saya ambil lagi aja keduanya (ngulang) biar lebih efektif.

Nah, mata kuliah selanjutnya adalah favorit saya. Pengantar Teknologi Informasi. Mempelajari basic things related to computers. Kaya sistem komputer (input,output,storage,processing), basis data, konversi bilangan dan sebagainya. Dosennya cukup asik. Untuk materi cukup saya mengerti dan bikin ngerjain tugas lebih enak. Bingung juga, MK favorit tapi kok jelasinnya dikit. Hehehe.

Lanjut, kemarin 12/11 waktu UAP. Saya motoran ke kampus. Berangkat sekitar jam 6.15an. Lewat jalan raya. Hari itu sebenarnya komunitas gowes saya ngadain gobar (gowes bareng) ke Jakarta, pulang loading. Duh pengen ikut sih tapi lebih penting ujian. Saya ketemu mereka di tikum (GeJu Tambun), saya klaksonin tapi gak ada yg nengok wkwk, yaudah lanjut jalan lagi. Ke arah Bekasi Kota mulai banyak liat orang/pengguna jalan yang pake baju muslim dan atribut Palestina. Saya baru inget ada aksi Bela Palestina di Islamic Center Bekasi dan sepanjang Jl. Ahmad Yani Bekasi. Wah saya bingung, lewat mana ya. Yaudah saya yang tadinya mau lurus dari UNISMA ke Jl. Ahmad Yani jadinya muter ke Jl. Chairil Anwar via Pintu Air. Mulai di pintu air saya lihat wah rame banget yang ke arah Islamic Center. Saya ambil kiri arah jalan layang yang baru, arah Kalimalang.

Di jalan layang saya lihat ternyata jalanan masih dibuka, dan kayanya acara belum dimulai. Saya lihat dari status teman saya, acara tersebut sangat ramai yang partisipasi. Penuh. Lihat status teman yang gobar ke Jakarta juga mereka bawa atribut (bendera) Palestina, karena pas kumpul di GeJu ada yang mau ikut aksi, kayanya bendera dikasih mereka.

Lanjut ke perjalanan. Jalanan terasa lancar di akhir pekan. Sampai ke kampus cukup tepat waktu, jam 7.25an (ujian mulai 7.30). Tapi kampus terasa sangat padat, melebihi saat perkuliahan. Parkir warga jam segitu biasanya masih ada yang kosong tapi kemarin full. Parkir motor, dan masuk kelas sekitar jam 7.35an dan ujian belum dimulai.

Mulai deh ujian, sekian lama gak ngerjain soal ujian hehe. MK pertama, Pemrograman 1. 5 soal. Open book. Wah lumayan nih bisa liat modul berarti. Saya pas mau berangkat udah nyiapin modul yang dimaksud. Udah saya pegang. Pas ujian saya mau ambil modul tsb, lah kok ga ada. Ternyata modulnya belum saya masukin ke tas. Hehehe. Tapi untung aja nyatet materi dari kisi-kisi yang dikasih dosen beberapa hari sebelum ujian. Maksain nyatet walau udah tengah malem (dengan dibantu ChatGPT sih hehe). Dan ternyata materi ujian gak beda jauh dari kisi-kisi yang dikasih. Lumayan juga, ujian dengan tema kodingan kali ini cukup “lancar”. Selama saya kuliah, kayanya ujian kodingan kali ini jadi salah satu ujian yang saya cukup lancar ngerjainnya. Alhamdulillah.

MK pertama selesai sekitar jam 9:15. MK kedua, Statistika Dasar mulai jam 9:45. Lumayan ada spare 30 menit. Saya bingung mau makan atau nggak ya. Akhirnya gak jadi makan. Ruang ujian untuk MK kedua ini beda gedung, jadi saya pindah. Pindah kelas juga. Karena Pemrograman 1 itu kelas semester satu dan Statistika Dasar itu kelas semester tiga.

Jam 9:45 ujian dimulai. MK Statistika Dasar ini juga sebenarnya dikasih kisi-kisi sama dosennya. Tapi saya kurang ngerti dan begitulah. Soal yang diberikan kalau tidak salah mengenai regresi, koefisien regresi, uji perbedaan. Nah.

Kalo udah gini biasanya saya ada strategi: Salin Soal. Lumayan daripada kosong sama sekali, ya saya salin aja soalnya. Dan penghias seperti rumus yang mungkin terkait. Ada sih yang agak mengerti seperti mencar standar deviasi, tapi itu juga gak semuanya. Ujian kali ini juga sifatnya open book. Tapi walau begitu.. Ya begitu. Kurang perform di MK kali ini. Ya sudah. Kalau gagal ya mengulang lagi. Hehehe (semoga aja lulus).

MK berikutnya yaitu Praktikum Struktur Data dan Pengantar Teknologi Informasi dilakukan secara daring. Alhamdulillah. Setelah selesai MK Statistika sekitar jam 11, saya makan dulu sekitar 10 menit, lanjut ke motor dan OTW pulang.

Di perjalanan pulang sempet mikir, pengen sekalian mampir ke kafe buat ngerjain ujian PSD (praktikum struktur data) karena di daerah Condet banyak kafe (pengen mampir ke Tomoro sih) tapi dipikir-pikir masih cukup jauhh dari rumah. Barangkali mampirnya ke kafe yang ada di Bekasi aja.

Photo by Noah Silliman on Unsplash

Di daerah Kramat Jati mulai rintik-rintik gerimis, tapi cerah. Bingung juga mau pakai jas hujan atau tidak. Karena biasanya hujan seperti ini won’t last long. Tapi setelah PGC dan dekat BKN wah makin deras, mampir aja dulu di pom bensin. Saat parkir ragu juga mau pakai jas hujan atau tidak. Karena hujannya relatif “reda” lagi. Tapi saya pakai aja, bawa laptop soalnya. Takut nanti makin deras.

Sudah di jalan Kalimalang, saya pikir kayanya gak hujan lagi. Saya lepas lagi deh jas hujannya. Sepanjang jalan cukup panas. Oiya, curhat dikit lagi. Semenjak beberapa bulan terakhir saya mulai “peduli” dengan perawatan diri (baca: skincare). Yang saya terapkan gak terlalu banyak. Paling seperti rutin cuci muka dengan facewash, serum pagi dan malam, lipbalm (bibir saya gampang berdarah) dan sunscreen/body lotion. Mulai ngerti kenapa banyak cewek yang seneng skincare-an. Tapi saya tidak suka makan seblak yaa hehe. Saya mikir (kaitan lagi ke gowes), makin lama terpapar sinar matahari langsung, makin besar resiko kanker kulit. Ngeri juga.

nugas dengan view gini asik kali ya.. (Photo by Tanner Van Dera on Unsplash)

Sampai di daerah Bekasi (Jl. Ahmad Yani) saya lihat acara aksi sudah selesai (iya lah, udah jam 1 hehe). Masih kepikiran mau mampir ngopi apa nggak ya. Akhirnya saya lanjut pulang dan sampai rumah sekitar jam 2 siang. Tidur siang eh kebablasan. Kelewatan info UAP untuk MK PTI. Tapi untung saja kedua MK tersebut (PSD dan PTI) tenggat waktunya nanti malam (13/11) jam 23:59.

Malam hari, saya masih agak ogah-ogahan ngerjain. Mungkin karena capek seharian dan tau deadline bukan malam itu (12/11) tapi tanggal 13. Banyak hal yang dirasa “duh males, kayanya berat deh” tapi pas dijalanin things started to get easier. Dan akhirnya selesai juga tugas UAP PTI sekitar jam 11, dan pas juga gak lama kemudian Pak Dosen ngasih link pengumpulan.

Tinggal UAS PSD nih yang belum, deadline nanti malam. Bye~

Leave a Comment