Kuliah Lagi – 1/2

Hai semuanya, apa kabar? kali ini saya mau berbagi pengalaman saya, dimana saya masuk kuliah lagi semenjak lulus dari D3 di tahun 2021.
Keputusan untuk kuliah lagi saya lakukan karena, dalam pekerjaan saya kali ini waktunya memungkinkan dengan kampus pilihan saya. Karena di pekerjaan saya sebelumnya, saya bekerja dengan sistem sif
yang kadang tidak menentu jadwalnya.
Setelah berhenti dari pekerjaan sebelumnya, saya sempat berpikir lanjut kuliah lagi (reguler) apabila tidak lanjut bekerja. Akan tetapi, saya diterima bekerja di tempat saya bekerja sekarang.

Saya sudah mendaftar kuliah sejak Juli 2023 kemarin, namun perkuliahan baru berjalan bulan September ini.

Hari pertama kelas saya adalah pada tanggal 15/9 kemarin. Jadwal saya Jumat sore/malam dan sabtu pagi-siang.

Pada malam dan sepekan sebelum perkuliahan, saya merasa excited untuk berkuliah kembali. Senang pikiranku. Hari pertama kuliah, saya langsung ke kampus setelah jam kerja selesai. Kampus saya di dekat Condet, Jaktim (anda mungkin sudah tahu).

Jumat sore, sekitar jam 5-6, jam pulang kerja. Secara teknis bukanlah waktu yang tepat untuk mengendarai mobil. Macet, terutama daerah PGC, Cililitan, Jakarta. Wah.. macet banget..

Kelas dimulai jam 18.30, dan saya sampai di kampus sekitar jam segitu. Parkir masih penuh dengan kelas pagi/siang yang belum pada pulang.

Kelas pertama saya adalah Statistika Dasar.

Oiya, program yang saya ikuti namanya Non Reguler. Oleh lingkungan kampus biasa juga disebut “Kelas terbang”. Karena, saya tidak mengikuti kelas baku seperti anak-anak maba reguler, tapi mengambil kelas yang belum saya ambil di perkuliahan D3 sebelumnya.

Kelas statistika malam itu merupakan kelas Semester 3. Banyak juga dari teman-teman (atau mahasiswa, karena saya juga belum terlalu kenal mereka. hehehe) yang terlambat datang. Mungkin dosen dan pihak kampus juga memahami, karena kelas Non-Reguler biasanya diambil oleh para karyawan.

Materi saat itu adalah statistika dasar seperti mencari nilai rata-rata, median, dan modus . Mirip yang dipelajari di SMP/SMA.

Karena itu kelas malam dan siang hari saya kerja. Rasanya ngantuuk. Ditambah karena situasi jalanan yang macet tadi. Menambah. hehe

Kelas selesai sekitar jam 8. Sekitar jam setengah 9 malam saya lanjut pulang. Jalanan lancar (hehe). Saya sempat berpikir, lewat jalan tol atau tidak.

Lewat jalan tol lebih cepat tapi lebih boros 7.000
Lewat jalan biasa, lebih murah tapi capek

Saya kemudian lanjut lewat jalan tol

Sampai di rumah sekiat jam 10-10.30 malam. Rasanya lelah sekali. Ngantuk. Dan besok ada kelas pagi juga. Masuk jam 7.30.

Saya pun tidak langsung tidur. Tapi mencari rute dan jadwal kereta untuk keesokan harinya.

Saya pilih untuk esok hari saya pakai.. Mungkin anda sudah tahu. Sepeda lipat+KRL. Saya cari, dan ternyata ada jadwal kereta 5.30 pagi. Wah.. pagi banget.

Lanjut ke postingan selanjutnya. Bye

Leave a Comment