Nyoba Nge-gym (lagi)

Saya mulai agak serius untuk lebih rajin berolahraga. Karena indeks BMI saya hampir mendekati overweight dan penampilan saya dirasa kurang maksimal. Tangan kurus tapi perut buncit, hehehe.

Saya semalam (24/5) coba main lagi ke gym. Bersama teman saya, Niko lagi. Saya mau coba gym yang lebih dekat, masih di komplek rumah saya. Biaya sehari 20. Seperti rata-rata gym lainnya.

Sehari sebelum gym, saya coba cari beberapa artikel, video, dan aplikasi yang membahas mengenai tata cara latihan untuk pemula. Saya hanya lihat sekilas dan tidak terlalu memperhatikan dengan sangat detil (mungkin bisa dibilang sekadar tahu).

Saya ke gym sekitar pukul 8:20 malam. Target ya secukupnya saja hehe. Tiba di gym, seperti biasa saya main treadmill untuk pemanasan, sekitar lima menit. Kondisi cukup sepi di malam itu. Setelah cukup panas di treadmill, saya memutuskan untuk coba-coba alat lain.

Saya juga menggunakan aplikasi untuk tracking dan melihat rekomendasi gerakan. Banyak aplikasi seperti ini di Playstore. Saya kemudian mencoba alat lat-pull down.

Seperti gambar diatas alatnya. Di gambar tersebut pastinya bukan saya hehe. Saya tidak melakukan saran di aplikasi (saya lupa sarannya seberapa) tapi saya melakukan 10 kg 10 repetisi sebanyak dua set. dan 15 kg 10 repetisi sebanyak satu set.

Selanjutnya, saya melakukan gerakkan Dumbbell Halo, yaitu menggunakan dumbbell dan digerakkan memutar kepala sebanyak beberapa kali. Berikut ini ilustrasinya:

Gambar tersebut juga bukan saya hehe.

Kemudian, saya tidak lagi menggunakan aplikasi dan mencoba alat alat lain tanpa panduan aplikasi. Saya mencoba berbagai alat seperti rowing machine, alat-alat lain yang saya tidak tahu namanya. Dan sebelum pulang, kembali lagi menggunakan… Treadmill. Hehe.

Saat pulang, saya merasa sangat ngantuk dan agak pegal. Saya menulis pos ini pada pagi tanggal 25/5. Sejauh ini badan saya hanya sedikit sekali pegal, jauh sekali tidak seperti saat ngegym yang pertama kali, badan sakit hingga beberapa hari. Mungkin karena durasi saya gym semalam tidak begitu intens (hanya satu jam) dan kurang fokus dalam latihan.

Itu dulu yang bisa saya share. Tetap sehat semuanya!

Leave a Comment