Semester Baru

September 2023-September 2024. Sudah satu tahun saya join di Unindra. Artinya sekarang waktunya masuk semester ganjil baru. Secara hitungan sih berarti semester tiga. Tapi karena saya “kelas terbang”, jadi saya ambil berbagai kelas dari berbagai tingkat/semester (sama-sama semester ganjil) yang berbeda. Jadi, saya ada ambil kelas dari semester 1 (bareng maba, berarti mahasiswanya seumuran rekan kerja saya – Tyo, yang juga baru masuk kuliah tahun ini), semester lima dan semester tujuh.

Saat isi KRS, saya utamakan kelas-kelas yang ada UPM-nya. Di Unindra, selain UAS (dan UTS kalau kelas reguler) ada juga ujian lain yaitu Ujian Pengendali Mutu (UPM) yang dilaksanakan pada hari dan jam kerja. Karena saya sudah dapat jatah cuti, jadi saya utamakan kelas-kelas yang ada UPM-nya kemudian baru kelas lainnya yang non-UPM.

Jum’at lalu (13/09) perkuliahan semester baru dimulai. Semester kali ini, pekan pertama fakultas teknik dan sains mendapat giliran kuliah online, sedangkan fakultas sosial dan bahasa pekan pertama mendapat giliran kuliah offline.
Kelas Jum’at malam adalah Kalkulus Dasar. Perkuliahan diisi dengan perkenalan mata kuliah, serta tata tertib/aturan kelas. Dosen menjelaskan juga terkait materi awal, yaitu mengenai beberapa jenis sistem bilangan, notasi, dan grafiknya.

Kelas selanjutnya adalah mata kuliah Teori Bahasa Automata, dimana materinya kurang familiar bagi saya. Sama seperti kelas sebelumnya, pada kelas ini juga baru menjelaskan terkait materi dasar dan perkenalan mengenai materi ini.
Kelas berikutnya dimulai pada pukul 10. Sambil menunggu kelas selanjutnya, saya sambil memasang anti gores untuk hp saya (penting ditulis ga sih?). Kelas yang dimulai pada pukul 10 ini adalah mata kuliah Komputer Grafik. Materi inti dari mata kuliah ini adalah penggunaan bahasa pemrograman Java.

Kelas berikutnya dimulai pada pukul 12:30, setelah jam makan siang. Mata kuliah Filsafat Ilmu. Pada awal pertemuan ini, dosen memaparkan poin-poin yang akan dipelajari pada kelas ini. Dan juga sudah dilakukan pembagian kelompok.
Begitulah ringkasan perkuliahan di awal semester kali ini. Seperti biasa, awal semester masih semangat. Tapi apakah semangatnya tetap menyala sampai akhir semester? Sampai ketemu di tulisan lainnya. Bye.

2 thoughts on “Semester Baru”

Leave a Comment