Wipe Disk Bekas Ceph di Proxmox VE

Misalkan kita mempunyai sebuah cluster Proxmox VE yang baru saja di-reinstall. Namun pada server Proxmox VE ini memiliki disk lain yang sebelumnya pernah dikonfigurasi Ceph. Kita ingin coba Wipe Disk dengan perintah yang disediakan pada menu Disks namun gagal atau tidak bisa. Muncul pesan galat (error) yang kurang lebih berisi:

disk/partition ‘/dev/nvme0n1p1’ has a holder (500)

Pesan galat ini kurang lebih menginformasikan bahwa disk yang dipilih sedang digunakan atau “dipegang” oleh suatu proses atau layanan. Mungkin akan lebih mudah apabila hal ini terjadi saat server kita masih memiliki atau terhubung dengan konfigurasi Ceph. Masalahnya, server yang kita gunakan saat ini baru diinstal ulang namun pada disk lain yang ada pada server (non-sistem) menyatakan bahwa disk ini masih digunakan.

Ada beberapa perintah yang pernah saya coba. Diantaranya adalah menggunakan perintah seperti dd if=/dev/zero of=/dev/[nama disk] . Perintah ini akan mengirimkan nilai 0 sehingga data yang ada pada disk sebelumnya akan tertimpa. Atau juga menggunakan perintah seperti cfdisk atau wipefs. Namun terkadang juga saya mengalami kegagalan.

Kemarin saya cari-cari di internet (forum PVE) dan menemukan halaman yang mungkin membantu. Saya baca dan ada perintah yang disarankan, yaitu dmsetup remove [disk ID] . Disk ID-nya kita bisa lihat dengan menggunakan perintah lsblk untuk melihat disk apa saja yang terhubung dengan sistem/server/komputer kita. Pada kasus ini, kita lihat disk yang ada tag Ceph-nya. Disk ID yang digunakan mulai dari kalimat “ceph…” disalin semua.

Setelah menjalankan perintah tersebut, kita coba cek menu Disks dan pilih Wipe Disk.

Sekian tulisan saya kali ini. Tanpa gambar dan penjelasan lebih banyak, karena sekadar sharing pengalaman singkat yang kemarin saya lakukan. Bye~

Leave a Comment