Gowes Bogor – part 2

Lanjutin cerita tulisan beberapa hari lalu.

image host

peron lt atas Stasiun Manggarai

Keren sih keliatannya. Oiya, kalo ga salah Stasiun Manggarai dengan sistem baru ini dioperasikan di tahun 2022. Tadinya semua peron ada di bawah (Lt Dasar). Bisa dibilang hampir berubah total. Rutenya juga ganti, terutama rute Bekasi dan Bogor. Dulu sempet bingung juga saya pas switchover rute. Gak sedikit juga penumpang yang kebingungan dengan rute baru dan tata letak/layout baru dari Stasiun Manggarai ini.

KRL Jabotabek Lines.svg
By Gunawan Kartapranata – KAI Commuter, Link

Sekarang, tempat komersil (minimarket, foodcourt) masih berada di lokasi awal. Lantai dasar dan jaraknya cukup jauh dari bangunan utama yang dipakai sekarang. Kayanya juga makin sepi karena jauh. Gerbang timur atau utara gitu saya kurang inget juga berada di sekitar sana. Bangunan awal/lama.

Lanjut ke cerita utama. Saya lihat-lihat peta transum yang ada. Saya juga lihat peta rencana MRT Rangkasbitung (atau Balaraja ya?)-Cikarang. Ternyata bakal ada (rencana) beberapa stasiun MRT baru yang lewatin “daerah” tempat tinggal saya (sekarang). Sumberjaya-Wanajaya-CIbitung-Cikarang. Menarik nih.

image host

Gak lama kemudian, kereta ke arah Bogor yang akan saya naiki pun tiba. 10 kereta kalau gak salah. Saya lupa ini dapet KRL 6000/205 (gak difoto juga hehe).

Suasana di kereta arah Bogor gak jauh beda. Banyak keluarga dan anak-anak yang ingin liburan. Jadinya rame. Saya dapet sweet spot karena naik duluan dan gak terlalu penuh juga. Di rute arah Bogor ternyata banyak juga ya apartemen/gedung-gedung baru yang deket dengan stasiun. Banyak juga tampilan stasiun yang “beda” keliatannya. Saya terakhir ke Bogor naik kereta pas tahun 2022. Kepikiran juga, udah lama banget ga bike to campus. Terakhir pas paket 1 semester 1 kalo ga salah.

Rencana ke Bogor juga ada salah satu yang jadi pikiran utama. Cuaca. Bogor kita kenal sebagai kota hujan, dimana kadang lagi musim kemarau juga tetep hujan. Beberapa kali saya liat forecast Kota Bogor untuk Sabtu ini dan prakiraannya cerah. Agak ribet sii kalau gowes hujan. Nyipride kalo kata temen-temen saya mah.

Sekitar jam 10 masuk area Bogor Kota. Akhirnya. Liat lagi jalanan yang dulu familiar banget (underpass Jalan Baru Bogor). Gak lama kemudian akhirnya sampai juga di Stasiun Bogor.

Saya posisi di kereta belakang, jadinya lumayan jauh ke depannya. Pas turun, wahhh. Rame banget. Penuh. Peronnya gak begitu luas, dan juga papasan sama penumpang lain yang mau ke arah Jakarta Kota (kereta langsung mau dipake arah Jakarta). Beberapa menit berlalu, akhirnya berhasil juga keluar Stasiun.

image host

Dulu pas jaman saya kuliah dulu kalo ga salah pintu timur ini gak dibuka. Sekarang dibuka dan langsung ke arah taman Alun-Alun Kota Bogor. Kalo ga salah sih dulu namanya Taman Topi. Bangunan sisi ini khas bangunan Belanda. Klasik. Di depan pintu timur ini banyaak banget yang jualan. Makanan, minuman, mainan, aksesoris dan lainnya (padahal aslinya ga boleh sii). Saya foto-foto dulu sebentar, sambil mikir “ini udah nyampe Bogor mau kemana lagi”.

image host

image host

Akhirnya saya berkabar ke temen saya yang orang Bogor, mungkin aja dia di rumah dan bisa dikunjungi. Gak langsung dibales. Saya pun mutusin buat lanjut ke daerah kampus aja deh.

Lanjut di episode berikutnya yaa. Bye~

Leave a Comment