Pengalaman Ikut Course DevOps

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing sedikit mengenai course yang sudah saya jalani. Yaitu Introduction to Devops oleh IBM di Coursera. Course yang saya jalani memang bukan full course yang ada final exam dan mendapat sertifikat. Tapi untuk materinya cukup banyak dan juga terdapat mini-quiz yang bisa menguji kemampuan dasar kita.

Kursus ini menjelaskan hal-hal fundamental mengenai DevOps, mulai dari pengertian, cara kerja , dan hal-hal yang mungkin salah kaprah mengenai DevOps. Saya coba jelaskan secara singkat berdasarkan yang saya ketahui hehe. DevOps itu adalah suatu budaya kerja dimana tim developer dan tim operation bekerja bersama atau berkolaborasi dalam suatu proyek. Dahulu, tanpa menggunakan DevOps, tim developer dan operation bekerja sendiri-sendiri (siloed teams). Sehingga mungkin saja menimbulkan kesalahpahaman terhadap pekerjaan yang dilakukan karena tidak adanya kolaborasi atau komunikasi yang baik.

Untuk salah kaprah yang biasa terjadi antara lain adalah DevOps bukanlah suatu tim khusus, melainkan cara kerja untuk menghilangkan hal-hal negatif yang ditimbulkan dari cara kerja siloed teams. Yaitu dengan cara tim developer dan operation saling berkolaborasi untuk membuat produk atau layanan yang lebih berkualitas.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang saya pelajari dari kursus ini, yang mungkin belum saya pahami dengan maksimal. Saya juga catat di buku catatan saat saya mengikuti kursus ini. Agar selain menyimak dari video, dengan mencatat kita juga bisa lebih paham atau nempel dengan materinya.

Itu saja tulisan saya kali ini, sampai jumpa. Bye~

Leave a Comment