Merokok Sambil Berkendara – big no

Hai semuanya. Ini tulisan sebenernya unek-unek saya hehehe. Saya sempet mikir, kayanya selama ini tiap perjalanan (terutama ngantor) hampir selalu ngeliat pengguna jalan (terutama pemotor) yang ngerokok. Terserah mereka sih mau merokok atau nggak (lebih baik jangan hehe) tapi yaa pikir-pikir deh, bisa bahayain orang lain. Kaya, kalo abu atau baranya kan bisa terbang dan kena pengendara lain. Saya beberapa kali pernah ngalamin hal kaya gini. Ada beberapa kejadian yang saya inget.

Pertama, pas dulu SMA. Lagi pulang sekolah motoran tapi lagi gak pake jaket, hari kamis. Berpapasan sama mobil pickup. Besar kemungkinan supirnya ngelempar puntung rokok. Duh kok tangan panas ya, kaya kebakar. Cukup yakin kalo itu kena puntung rokok. Selanjutnya, pas balik ke Bogor pas jaman kuliah. Di daerah Pasar Setu. Sebelum kejadian, saya lihat pemotor yang nyalip saya ada yang sambil ngerokok. Motor Satria seinget saya. Beberapa saat kemudian, mata ngerasa panas. Perih. Wah ini mah big chance juga kena bara dari rokok. Saya minggir dulu sebentar, cuci mata (beneran cuci mata) pake air minum yang saya bawa. Mata saya pun merah. Kejadian selanjutnya adalah pas pulang kerja, sebelum kejadian ngeliat ada pengendara yang ngerokok. Dan beberapa saat kemudian, kejadian yang mirip pun terjadi. Kayanya waktu itu kena ke arah muka deh, agak lupa juga saya lagi tutup kaca helm atau nggak.

Kalo ada yang jawab “makannya, kalo maik motor kaca helmnya ditutup”. Bingung juga jawabnya gimana kalo nemu orang yang bilang begini. Mungkin ini sama aja bilang “yaudah gausah punya motor bilang gak kemalingan”. Para perokok yang merokok sambil motoran emangnya seharus itu ya? Mungkin mereka sendiri belum pernah ngerasain kena abu/bara rokok yang kena muka pas berkendara. Saya sendiri bukan tipe orang yang mau cari ribut atau konfrontasi dengan para perokok kaya gini. Biasanya kalo ketemu pengendara kaya gini saya tutup kaca helm, biarin mereka duluan, atau buru-buru salip mereka. Beberapa kali juga saya tegur, tapi kalo misalkan emang pas banget abu/bara mereka terbang ke arah saya. Saya salut juga dengan orang-orang yang berani negur perokok seperti ini dengan tegas.

Gitu deh tulisan saya kali ini. Untuk para perokok yang baca tulisan ini, jangan merokok pas berkendara ya. Terutama pas motoran. Masa iya mau stop ngerokok kalo udah pernah ngerasain kena abu/bara api dari perokok lain? Hehe. Sampai jumpa, bye~

2 thoughts on “Merokok Sambil Berkendara – big no”

  1. Saya pernah tegur orang yang merokok sambil motoran, malah dia yang marah. Aneh memang, itu kan bahaya buat orang lain. Kita kadang tidak selalu tutup kaca helm karena kadang pengap. Lagian kok kayak nggak ada waktu lain ngerokok sambil motoran atau buang puntung rokok sembarangan

    Reply

Leave a Comment