Domain dan Hosting

Saya yakin para pembaca banyak yang pernah melihat atau mendengar kata ini. Terutama yang berkecimpung di dunia komputer. Dua hal ini merupakan hal berbeda, namun keduanya berkaitan dengan website. Berikut ini merupakan penjelasan yang singkat (atau bahkan terlalu singkat hehehe).

https://en.wikipedia.org/wiki/Domain_name#/media/File:DNS_schema.svg

undefined

Domain

Domain adalah alamat web yang digunakan untuk menemukan dan mengakses situs web di internet. Domain terdiri dari dua bagian utama, yaitu nama domain dan extension. Contohnya adalah zaidan.web.id

zaidan merupakan nama domain sedangkan web.id merupakan extension. Dalam dunia web, nama domain disebut juga Second-level Domain sedangkan extension disebut juga Top-level Domain. Top-level domain biasanya menggambarkan jenis web atau organisasi pemiliknya. Misalkan .com umumnya digunakan untuk kegiatan komersial, sedangkan .org biasanya digunakan untuk organisasi atau komunitas, .edu atau .sch biasanya digunakan untuk institusi pendidikan.

Domain didaftarkan ke registrar. Registrar merupakan badan atau perusahaan yang mengatur reservasi dari nama domain. Mereka bertanggung jawab dalam urusan registrasi dan maintenance nama domain dari pihak yang ingin mendaftarkan domain untuk mendaftarkan website mereka.

Ketika suatu pihak ingin mendaftarkan nama domain, pihak teersebut harus mencari registrar untuk registrasi domain dan melakukan pengecekan nama website yang mereka inginkan sudah terpakai atau masih tersedia. Apabila tersedia, pihak tersebut dapat membeli (atau menyewa) biaya domain kepada Registrar. Kemudian Registrar akan mendaftarkan domain tersebut dan nama domain yang dipesan dapat digunakan.

Setelah memiliki domain yang aktif, untuk membuat sebuah situs web, kita dapat menghubungkan domain tersebut ke layanan web hosting dan mengunggah situs web tersebut agar website dapat aktif.

Web Hosting

https://en.wikipedia.org/wiki/Web_hosting_service#/media/File:Paris_servers_DSC00190.jpg

undefined

Web hosting merupakan layanan yang memungkinkan pengguna (individu atau organisasi) untuk membuat situs web. Saat ingin membuat situs web, dibutuhkan tempat untuk menyimpan file dan data yang dibutuhkan untuk membuat situs web. Tempat itu adalah server, yang harus selalu dapat aktif terhubung ke internet. Hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat penyimpanan tersebut sehingga situs web dapat diakses oleh pengguna di internet.

Perbedaan Domain dan Hosting

Kedua hal tersebut berbeda namun masih berkaitan. Intinya, domain dapat diibaratkan sebagai alamat dari situs web, sedangkan hosting merupakan tempat dimana file yang digunakan untuk membentuk situs web disimpan. Untuk membuat situs web, dibutuhkan keduanya. Layanan ini dapat dibeli secara terpisah atau ada pula penyedia jasa yang menyediakan keduanya bersama.

Leave a Comment