Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau sharing salah satu fitur yang ada di Zimbra Mail Server, yaitu fitur Out of Office yang memungkinkan membuat auto-reply saat kita sedang tidak aktif di kantor. Misalnya saat libur panjang atau cuti.
Opsi ini dapat dilakukan melalui webmail tampilan classic dan tidak perlu admin yang melakukan, namun pengguna biasa juga bisa melakukannya.
Opsi ini terletak di menu Preferences> Out of Office seperti yang ditamapilkan pada gambar 1.
gambar 1
Yang pertama adalah toggle untuk mengaktifkan fitur ini (pilih Send auto-reply message). Isi pesan auto-reply pada kolom yang disediakan (Auto-Reply Message) misalnya “User xxx sedang cuti. Akan kembali aktif pada tanggal xxx”.
Pada gambar 2 juga bisa kita lihat aksi yang bisa dilakukan apabila mendapatkan email dari luar domain (External Senders). Pada pengujian kali ini kita gunakan opsi Send standard auto-reply message.
gambar 2
Kembali ke gambar 1, kita bisa atur rentang waktu dimana kita ingin mengaktifkan fitur OOO ini. Apabila konfigurasi sudah sesuai dengan yang kita inginkan, kita bisa simpan konfigurasi dengan menekan tombol Save yang berada di bagian kiri atas.
Selanjutnya, mari kita coba untuk kirim email ke alamat email yang sudah di-set OOO-nya seperti pada gambar 3.
gambar 3
Gambar 4 menampilkan pesan balasan yang sesuai dengan yang sudah kita konfigurasi sebelumnya.
gambar 4
Begitulah cara untuk konfigurasi fitur auto-reply/Out of Office yang ada di Zimbra Mail Server. Fitur ini berguna agar si pengirim email dapat mengetahui bahwa kita sedang tidak aktif.
Sampai jumpa, bye.