Laptop Rusak – part 3

Malam harinya saya mampir ke komunitas laptop Advan dan grup lain di Facebook dan sharing tentang yang saya alami. Lumayan banyak yang komentar/menanggapi. Saya juga masih heran penyebab masalah ini (jelasnya) apa.

Sudah malam, sekitar jam 10 saya penasaran. Kata petugas service center hal ini gak tercakup garansi, jadinya sekalian aja saya bongkar biar lebih jelas. Saya pikir masalah yang saya alami itu sama dengan yang ada pada video ini. Saya matikan laptop (shutdown) dan buka satu per satu baut yang ada. Tentu dengan posisi layar terbuka, jadi agak susah melakukannya.

Agak susah juga buka penutup bodi bagian bawah. Karena bahannya logam, jadi pada bagian pinggirnya cukup tajam (dan jari saya juga tergores). Akhirnya penutup bagian bawah berhasil terbuka. Saya lihat sepertinya kondisi engsel dari bawah normal.

image host

Saya juga mengendurkan baut pada engsel, karena dari beberapa referensi yang saya lihat engsel dengan baut yang terlalu keras lebih berisiko mengalami kerusakan pada engsel, karena lebih sulit untuk membuka engsel.

Saya masih penasaran. Akhirnya saya coba buka penutup plastik pada bagian layar. Saya lihat yang bagian kiri normal (rapat) dan sulit untuk dilepas penutup plastiknya, sedangkan bagian kanan terangkat (pusat masalah) dan penutup plastik bagian kanan relatif lebih mudah untuk dilepas.

image host

Akhirnya ketemu permasalahannya. Dudukan plastik untuk baut engsel yang ada di bagian layar/lid ternyata hancur. Inilah yang menyebabkan bagian pojok kanan bawah layar terangkat. Karena engsel tidak memiliki lagi tumpuan pada lid. Jadinya malah mendorong penutup plastik.

image host

image host

Apakah masalah dari laptop ini selesai? Tidak. Saya membuang serpihan dari dudukan plastik yang ada, agar bagian penutup layar yang terbuat dari plastik itu tidak terlalu “menganga”.

image host

Kemudian ada salah satu anggota grup menyarankan untuk menggunakan epoxy untuk memperbaiki dudukan tersebut. Menarik juga. Saya cari di internet dan memang terkadang masalah ini dapat diatasi dengan epoxy.

Jadi begitulah kelanjutan cerita terkait laptop saya yang rusak. Masih penasaran kelanjutannya? Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment