Gowes Bogor – part 4

lanjutan dari cerita sebelumnya

Selesai makan, sekitar jam 11:20 saya lanjut gowes lagi. Ke Masjid Bogor Baru.

Sekitar jam 12:40 saya lanjut gowes lagi. Teman saya lagi di Bogor tapi gak di rumah, dan ngajakin ketemuan juga di dekat Taman Kencana tadi. Di tempat makan Ayam Jatinangor.

Jam 1 saya sampai di lokasi. Pesen minum aja. Liat makanannya kayaknya enak sih, tapi saya sudah makan sebelumnya hehe. Tempatnya lumayan ramai. Pengunjungnya kebanyakan anak muda. Ngantri agak lama dan ini minuman yang saya pesan:

image host

blue thingy drink

Lanjut ngobrol sama temen saya ini. Ngobrol soal kerjaan dan sekalian tanya-tanya ke dia, soalnya dia kemarin baru wisuda S1 di salah satu universitas swasta.

Gak lama kemudian, udahan. Teman saya ini lanjut ke tempat lain dan saya lanjut gowes lagi. Ke arah stasiun, mau pulang aja. Bogor kalau siang ya panas juga hehe.

Ke arah Kebun Raya lagi. Jalan Pajajaran. Lihat pintu gerbang Kebun Raya cukup ramai. Oiya, di sekitar sini juga ada Kampus IPB Baranangsiang, untuk program pascasarjana. Saya juga pernah beberapa kali ada kuliah/kelas di gedung ini.

image host

Gedung IPB Baranangsiang sebelahan dengan Botani Square, dimana Mall Botani Square yaa masih ada kaitannya juga dengan IPB wkwk.

Sampai di persimpangan/lampu merah depan Botani Square, saya menyebrang untuk ke arah Jl. Otista. Ketemu juga sama rombongan om-om yang pakai sepeda lipat juga. Tadinya mau join gowes bareng, tapi nggak dulu deh. Saya “kring-kring” pamit duluan ke mereka.

Di seberang Botani Square ada tugu yang jadi ikon Kota Bogor. Yaitu Tugu Kujang.

image host

Jl. Otista ini tahun lalu (atau beberapa tahun lalu ya??) kalau gak salah sempat ditutup karena ada renovasi jembatan. Jadinya dulu saat konstruksi, Kebun Raya Loop ditutup dan jadi dua arah lagi. Dulu juga sebelum tahun 2015 (kalau tidak salah) Kebun Raya Loop ini dua arah, namun diubah jadi satu arah clockwise.

Jalan Otista sampai jembatan termasuk “bonus” atau turunan. Lumayan. Di jalur Kebun Raya Loop ini juga ada penanda jalur sepeda, dari dulu sudah ada. Tapi yang unprotected.

Setelah jembatan, jalannya nanjak. Lumayan juga. Mana “didorong” sama pemotor lain di belakang saya. Jadinya kaya “diburu-buru”. Tapi sebenernya kan emang ini jalur sepeda, jadi mungkin ga usah ngerasa “diburu-buru” ya???

Mulai rata dan bonus lagi saat di pintu gerbang selatan Kebun Raya. Di gerbang ini juga terlihat cukup ramai oleh pengunjung. Saya walaupun kuliah di Bogor juga selama itu belum pernah lagi masuk ke dalam Kebun Raya Bogor. Terakhir kayaknya di 2008 deh, acara dari tempat kursus.

Dari pintu selatan ini, lurus terus (ke arah barat) ada Mall BTM (BTM Bogor Trade Mall), dan terus ke arah barat (turun) daerah Empang. Saya lanjut Kebun Raya Loop dan lanjut ke arah Stasiun lewat jalan yang berbeda dengan jalan berangkat.

image host

parkir dulu sebentar di dekat BNI. cuaca lagi adem

Jalan Paledang. Sampai Stasiun Bogor hampir full turunan. Asik nih hemat energi. Suasananya juga cukup adem karena di samping jalan ada banyak pohon.

Dekat Stasiun Bogor juga ada stasiun lain yang namanya Stasiun Bogor Paledang. Stasiun ini untuk kereta yang arah ke Sukabumi. KRL gak masuk, hanya sampai di Stasiun Bogor. Saya sendiri belum pernah ke stasiun ini hehehe.

image host

wikipedia (menarik juga kayaknya nge-trip ke Sukabumi? hehe)

Akhirnya sampai juga di persimpangan arah Stasiun Bogor. Di sebelah kiri/barat ada gedung Lapas Kota Bogor. Pintu masuk Stasiun Bogor perlu belok kanan. Sebenernya kendaraan gak boleh langsung belok kanan. Saya ubah mode dulu jadi mode pejalan kaki untuk nyebrang.

Sampai juga di dekat Stasiun Bogor. Saya keliling dulu sebentar di alun-alun. Rame banget, banyak pengunjungnya. Saya juga sempat foto-foto dulu di salah satu bagian dari gedung tua.

image host

lagi-lagi foto sepeda. foto saya gak mau saya tampilin disini hehe

Lanjut persiapan masuk stasiun. Lipat-lipat, dan dorong masuk ke stasiun. Dapat kereta yang masih kosong. Masih dapat tempat duduk dan sweet spot. Di perjalanan pulang saya sempet tidur juga.Gitu aja ya cerita edisi Gowes Bogor kali ini. Udah tamat. Sampai jumpa di tulisan lainnya. Bye~

Leave a Comment