Gowes Bogor – part 3

lanjutan dari cerita sebelumnya

Ke kampus Vokasi IPB jaraknya sih gak jauh. Gak nyampe 3 km. Tapi perlu diingat. Ini Bogor. Jalannya banyak yang naik-turun. Jadi bisa aja 3 KM di Bogor lebih capek dari 5 KM di Bekasi.

image host

Keluar Alun-Alun di Jl. Kapten Muslihat, jalan yang sama dengan jalan yang menuju tempat magang saya dulu, Diskominfo Kota Bogor. Gedungnya berubah, kalo gak salah sekarang jadi Perpustakaan deh. Dulu kantor DPRD juga disini, tapi sekarang udah pindah ke Jl. Pemuda, dekat pabrik Goodyear.

Masuk di Jalan Ir. H. Juanda (Kebun Raya loop). Lebar, ngeri juga sih banyak kendaraan dan gowes di tempat yang saya belum familiar buat gowes. Lumayan ngos-ngosan juga sih karena udah jarang gowes juga. Di persimpangan dekat RS Salak, saya ambil kanan ke arah Sempur. Dapet bonus turunan nih.

Gak lama dari persimpangan itu, sampai juga di daerah Sempur. Ada lapangan Sempur yang biasa dipakai untuk olahraga. Lokasi dari lapangan ini di bawah, jadi gak terlihat persis di samping jalan raya. Branding atau tagline Kota Bogor sih “Bogor Berlari”. Pak Walikota (Bima Arya) dulu soalnya juga suka jogging.

Dulu pas tahun pertama kuliah di Bogor saya pernah jogging bareng temen-temen muterin Kebun Raya Bogor. Capek, ditambah saya dulu jarang banget olahraga. Waktu itu mampir juga di Lapangan Sempur buat istirahat.

Dari Sempur ke arah Taman Kencana jalannya agak nanjak. Gak terlalu curam sih, tapi lumayan juga kalo gak biasa. Di Taman Kencana pun saya mampir dulu untuk karena ada suatu hal.

image host

Enak ya kalo di lingkungan kita banyak taman. Bisa buat santai atau refreshing, buat kerja atau nugas kuliah/sekolah, dan lainnya. Saya dulu pernah ke taman ini sama teman-teman, untuk shooting film pendek tugas mata kuliah PKN kalau ga salah, atau Bahasa Indonesia ya? Hmm.

Saya agak lama juga di Taman Kencana. Sekitar jam 11 saya lanjut gowes lagi ke arah kampus. Niatnya sekalian cari makan karena sudah lapar. Lokasi ke kampus gak jauh dari Taman Kencana, gak nyampe 1 KM.

image host

gimnasium baru

Sampai juga di daerah kampus. Banyak banget yang berubah semenjak saat saya kuliah dulu. Sebenarnya saya juga pernah “mampir” ke kampus ini pas tahun 2022, numpang istirahat setelah balik dari kampus IPB Dramaga, urusan wisuda dulu.

Yang berubah misalnya ada beberapa gedung baru. Juga sekarang kampus Vokasi punya gedung gymnasium sendiri. Kayanya dipake pas acara kaya olimpiade gitu. Dulu kalo ada acara Olimpiade Vokasi (olahraga) pertandingannya sebagian ada yang di gymnasium kampus Dramaga.

Btw, jarak kampus Vokasi ke kampus Dramaga yaa lumayan. Sekitar 12-14 KM. Misalnya ada acara di Dramaga, misalnya pas Upacara 17 Agustus atau ospek (namanya MPKMB kalau di IPB), panitia nyewa banyak angkot untuk transportasinya. Unik sih hehe.

Lanjut ke masa sekarang. Saya lanjut gowes ke arah ujung Jl Lodaya 2. Area ini banyak kos-kosan. Saya gak nyampe ujung, dan lanjut putar balik ke arah gedung utama kampus.

image host

gedung kampus vokasi IPB. model bangunan lama

Saya ngerasa ada yang agak lain dari sepeda ini. Agak bunyi-bunyi gitu. Dan ternyata ada baut yang lepas..

image host

Saya pikir kayaknya gak akan jauh-jauh deh (Katulampa-walaupun masih pengen kesana sih). Saya lanjut cari makan. Ke arah belakang, ke kantin. Liat banyak lapak yang tutup. Mungkin karena ini hari Sabtu ya jadi banyak lapak yang tutup. Saya jadinya lanjut makan di Warteg Sifren. Dulu juga cukup sering saya makan disini.

image host

Ceritanya sampai sini dulu ya. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment