Track Email di Mail Server Zimbra

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis hal yang mungkin sering digunakan oleh SysAdmin yang menangani Zimbra Mail Server. Yaitu cara melacak/track email yang masuk ataupun keluar berdasarkan alamat email/domain.

Misalnya, ada klien atau rekan kerja yang komplain “kok email saya belum sampai di … ya” atau permasalahan yang sejenis. Dengan menggunakan cara ini, kita bisa melihat dengan lebih jelas detail dari status email yang dikirim.

Perintah yang digunakan adalah zmmsgtrace. Tidak bisa langsung dijalankan dengan perintah itu saja ya. Kita perlu masuk dulu menggunakan user Zimbra dengan menggunakan perintah su - zimbra.

Selanjutnya, perintah zmmsgtrace terletak pada direktori /opt/zimbra/libexec/. Sehingga kita perlu cd atau pindah ke direktori tersebut ataupun tulis juga full path-nya.

Misalnya kita sudah berada di direktori /opt/zimbra/libexec. Kita bisa melacak email dari keseluruhan akun dengan langsung menggunakan perintah zmmsgtrace.

Kita juga bisa lebih detail. Misalnya ingin melihat/melacak email dari alamat email tertentu. Kita bisa gunakan flag -s (sender) dan -r (recipient). Sintaksnya secara umum seperti ini:

zmmsgtrace -s [alamat email pengirim] -r [alamat email penerima]

Kita juga bisa melakukan pelacakan by domain. Misalnya kita ingin lacak email yang dikirim ke alamat email yang menggunakan Gmail. Kita bisa menggunakan perintah:

zmmsgtrace -r '@gmail.com'

Sebenarnya masih banyak lagi detail lain tentang perintah ini. Namun untuk tulisan kali ini sampai disini dulu yaa. Oiya, ada link referensi juga terkait hal ini pada Wiki Zimbra. Sampai jumpa, bye~

Leave a Comment