Gowes Bogor – part 1

Bogor jadi salah satu tempat yang “ngena” banget, kaya pengen main kesana terus padahal gak ada plan yang “jelas”. Pekan lalu juga Boss cerita yang berkaitan dengan jalan-jalan. Singkatnya, “kita masih muda, masih banyak waktu/kesempatan buat coba ke tempat baru”. Yaa karena satu dan lain hal ya sudah saya main yang deket-deket dulu aja. Bogor.

Rencana dari dulu tuh pengen ke Katulampa. Jaraknya sih sekitar 7-10 KM dari kampus saya dulu (Vokasi IPB). Berangkat pagi-pagi jam 6 biar gak terlalu siang ke Bogornya.

Tapi pas hari H (13/07), jam 6 masih di rumah. Mikir-mikir lagi, jadi gak ya ke Bogor. Apa ke Jakarta aja? Soalnya rencana lain saya itu ke Jakarta, kan banyak taman tuh. Ada taman Cattleya, Tabebuya, dll (saya paling inget dua itu, namanya unik). Saya baru otw sekitar jam 7:30 (lebih). Oiya, saya rencana gowes dan lanjut loading KRL untuk menuju Bogor.

image host

di lift Stasiun CIbitung

Sampai di stasiun sekitar jam 8 kurang. Wah nyampe Bogornya bisa kesiangan ini mah. Asumsi ke Bogor sekitar dua jam, berarti sampai Bogor sekitar jam 10.

Gak lama nunggu (sekitar 10 menit), kereta pun datang. Tapi bukan kereta yang via Manggarai, tapi via Jatinegara-Senen. KRL Metro 6000. Awalnya saya mikir, mau tetep naik atau tunggu kereta selanjutnya (nunggu lagi sekitar 10 menitan kayanya) yang arah Manggarai. Akhirnya saya tetep naik.

Tokyo Metro 6131F, Depok.jpg
Metro 6000 series, livery lama – By Ikko Haidar FarozyOwn work, CC BY-SA 3.0, Link

Akhir pekan, dan agak siangan. Yaa gak seramai kalau hari kerja sih. Kalau hari kerja sih biasanya wadaw. Dari Cibitung aja udah penuh. Kalo akhir pekan yaa banyak keluarga yang mau jalan-jalan/piknik dan beberapa pekerja yang masuk di akhir pekan.

Awalnya saya ga dapet “sweet spot” yaitu di pinggir pintu. Tapi seringkali diminta satpam untuk pindahin ke sweet spot (penumpang lain diminta geser) biar sepeda saya gak ngalangin.

image host

sebelum pindah ke pojok

Rencana nanti transit di Klender. “Kenapa gak transit di Jatinegara? Kan lebih deket tuh..”. Soalnya, kalau di Jatinegara kan multiple peron tuh. Jadi bisa aja yang arah Manggarai datengnya di peron lain, yang mana kita harus naik dulu ke concourse, terus turun lagi. Ditambah bawa sepeda juga. Kalau di Klender kan single peron, jadi kereta yang arah Manggarai datengnya ya di jalur yang sama hehe.

Sampai di stasiun Bekasi, ada kereta lain yang masih berhenti. Penumpang lain yang tujuannya ke Manggarai nanya satpam. Dan ternyata kereta itu tujuan Manggarai. Saya ikut transit/pindah, gak jadi transit di Klender. Kereta kali ini dapetnya JR 205, KRL paling umum sekarang.

Pindah kereta, masih kosong. Langsung dapet “sweet spot”. Gak lama kemudian, kereta sebelumnya (yg Metro 6000) berangkat. Kereta yang sekarang saya naiki masih nunggu beberapa menit, lalu lanjut jalan lagi.

image host

sempet foto juga. seri 6000 pintunya warna putih, kalau 205 warna stainless steel

Sekitar jam 9 kurang (8:45an kayaknya), sampai juga di Stasiun Manggarai. Saya pun turun dan transit buat nunggu di peron lantai 2 (sebenernya mah tingkat ketiga. Tapi sistem penomorannya Lt dasar> Lt 1> Lt 2) arah Bogor. Di lantai 1 ini bisa disebut juga concourse (padanan Bahasa Indonesianya apa ya?). Banyak penumpang berlalu lalang. Peron Lt dasar untuk arah ke Bekasi/Cikarang, Sudirman, Tangerang, Rangkasbitung, Bandara, Kp Bandan, dll. Dan untuk peron Lt 2 arah Jakarta Kota, Bogor, Depok, Nambo.

Sampai di peron atas, beuh.. Rame banget. Pas juga sama kereta arah Depok/Bogor udah berangkat duluan. Ya sudah, kalau kereta Bogor kan datengnya gak lama jangka waktunya. Saya nunggu dulu sambil foto-foto.

lanjut di part selanjutnya yaa…

Leave a Comment