Perintah Sort dan Uniq di Linux

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau tulis tentang Linux, perintah yang digunakan untuk manajemen data. Yaitu Sort dan Uniq. Kita akan bahas sort terlebih dahulu.

Seperti namanya, sort berfungsi untuk mengurutkan data. Data yang diurutkan dapat berupa isi file ataupun hasil keluaran (output) dari perintah tertentu (menggunakan |). Kita coba buat suatu file yang berisi beberapa nama buah, dengan nama file buah.txt.

Kita coba cek isi filenya dengan menggunakan perintah cat buah.txt

phantom-zorin2@phantom-zorin:~$ cat buah.txt
Apel
Jeruk
Pisang
Jeruk
Mangga
Apel
Anggur
Pir
Durian
Pisang

Ada sepuluh item pada file tersebut. Masih belum berurutan isinya.

Sekarang, kita gunakan perintah sort untuk menampilkan isi file tersebut yang sudah diurutkan.

phantom-zorin2@phantom-zorin:~$ sort buah.txt
Anggur
Apel
Apel
Durian
Jeruk
Jeruk
Mangga
Pir
Pisang
Pisang

Ada banyak flag yang dapat digunakan dengan perintah sort. Salah satunya adalah -r yang akan membuat hasil ditampilkan secara descending. Kita coba perintah sort dengan flag tersebut.

phantom-zorin2@phantom-zorin:~$ sort -r buah.txt
Pisang
Pisang
Pir
Mangga
Jeruk
Jeruk
Durian
Apel
Apel
Anggur

Dengan menggunakan perintah sort, maka yang akan tampil adalah isi file yang sudah diurutkan, namun bukan berarti susunan daftar buah tersebut sudah diurutkan pada file buah.txt. Kita coba cek lagi isi file buah.txt dengan menggunakan perintah cat buah.txt.

phantom-zorin2@phantom-zorin:~$ cat buah.txt
Apel
Jeruk
Pisang
Jeruk
Mangga
Apel
Anggur
Pir
Durian
Pisang

Isi dari file tersebut tetap belum diurutkan. Apabila kita ingin ubah isi filenya sekalian, kita bisa menggunakan perintah/operator > atau >> (tidak dibahas pada tulisan ini).

Kita lihat lagi hasil file buah.txt yang sudah diurutkan. Kita lihat ada beberapa entri yang duplikat, misalnya Apel dan Jeruk yang muncul lebih dari sekali.

Kadang ada skenario dimana kita ingin data-data yang ada tidak terduplikasi (cukup satu yang tampil). Hal ini bisa kita lakukan dengan perintah uniq.

Namun, perintah uniq ini tidak dapat mendeteksi data duplikat kecuali dua data tersebut berada pada baris yang bersebelahan. Maka dari itu, kita dapat sortir datanya terlebih dahulu, baru kita teruskan ke perintah uniq dengan menggunakan pipeline (|).

Kita coba gunakan perintah sort buah.txt | uniq

phantom-zorin2@phantom-zorin:~$ sort buah.txt | uniq
Anggur
Apel
Durian
Jeruk
Mangga
Pir
Pisang

Tampilannya berupa daftar buah yang sudah diurutkan, dan juga sudah tidak ada entri yang duplikat.

Kita juga bisa melihat jumlah entri yang duplikat sebenarnya muncul berapa kali dengan menambahkan flag -c . Kita coba gunakan perintah sort buah.txt | uniq -c .

phantom-zorin2@phantom-zorin:~$ sort buah.txt | uniq -c
1 Anggur
2 Apel
1 Durian
2 Jeruk
1 Mangga
1 Pir
2 Pisang

Kita coba cocokkan dengan isi file buah.txt yang belum diurutkan. Apakah hasilnya sama? Tentu sama hehe.

Itu dulu tulisan singkat saya kali ini tentang perintah sort dan uniq yang ada pada Linux. Semoga membantu menambah sedikit pengetahuan Linux teman-teman hehe. Sampai jumpa, bye~

 

 

Leave a Comment