Idul Adha 1445H/2024

Hai semuanya, apa kabar? Kali ini saya mau nulis pengalaman lagi. Tentang Idul Adha kemarin. Idul Adha kali ini ditemani dengan anggota keluarga baru, yaitu keponakan saya yang sebelumnya pernah saya ceritakan. Kakak saya dan suaminya menginap di rumah Cibitung (mudik tipis-tipis hehe).

Untuk Idul Adha sejak beberapa tahun ke belakang (sepertinya 5-10 tahun lalu), hewan kurban baru didatangkan ke masjid pada H-1. Dulu pas saya kecil (masih SD), hewan kurban sudah diantar ke masjid beberapa hari sebelumnya, dan banyak anak-anak (termasuk saya) yang pengen liat atau main (ngasih makan) hewan kurban. Ditambah, sepertinya mulai dari tahun lalu, sapi ditempatkannya di gang sebelah masjid, bukan di area lapangannya. Mungkin juga biar jamaah gak kebauan pas Salat Id.

Pas malam takbiran, saya jemput kakak saya dan si kecil. Di jalanan cukup ramai suasananya, dan banyak mobil pengangkut hewan kurban juga yang lewat (jelas). Sudah beberapa tahun belakangan, untuk hidangan lebaran keluarga saya gak bikin ketupat dan beberapa lauk (opor, rendang) sendiri. Tapi pesan, biar gak ribet hehe.

Di edaran masjid diinfokan kalau Salat Id dimulai sekitar jam 6:30. Ternyata kakak saya bilang sekalian mau bawa si kecil juga ke lapangan untuk Salat. Kirain saya gak diajak/dibawa. Saya pikir, wah bakal banyak tetangga yang mau liat si kecil nih hehehe. Saya dan keluarga pun otw ke masjid/lapangan sekitar jam 6:15.

Sudah jam 6:30 tapi belum dimulai. Jamaah juga diminta merapikan shaf biar yang belum datang masih bisa kebagian. Sekitar jam 6:45 Salat Id pun hendak dimulai. Cuaca gak mendung tapi gak terik juga. Nyaman. Salat Id selesai, dilanjutkan ceramah. Bahas tentang prasangka baik kepada manusia yang rasanya sangat sulit didapatkan di zaman sekarang.

Sesudahnya, jamaah pun mulai pulang ke rumahnya masing-masing. Saya masih ragu mau gabung jadi panitia kurban atau nggak. Tahun 2022 saya pernah gabung jadi panitia, tapi tahun lalu (2023) nggak, soalnya panitianya udah dibikin sebelumnya.

Saya diajak tetangga saya (dan disuruh bapak saya) buat gabung jadi panitia. Dan pihak panitia/DKM juga mempersilahkan. Saya dan warga lain pun lanjut ke masjid untuk kumpul panitia dan sarapan. Nasi Uduk, yum~.

Setelah sarapan, panitia pun dipersilakan untuk pulang buat ganti baju. Sebenernya kalo panitia “tetap” atau anggota DKM pada punya baju sendiri, kaos warna hitam. Tapi karena saya bukan, jadinya saya nyesuain pake kaos hitam juga hehe.

Saya pulang dulu buat ganti baju, istirahat bentar dan lanjut lagi ke masjid. Ternyata udah pemotongan kambing kedua (dari tiga kambing). Tahun ini hewannya lebih sedikit dari tahun lalu, hanya tiga kambing dan delapan sapi. Karena perdagingan belum siap dan panitia juga belum banyak pekerjaan, jadi saya ngeteh dulu hehe.

Pas dua tahun lalu, “jobdesk” utama saya (yang saya paling ingat) itu masukin daging ke plastik buat dibagiin ke warga. Lima ratus gram, boleh lebih dikit tapi gak boleh kurang. Saya juga lupa dulu masukin daging sama siapa. Selain itu, saya juga diminta buat nganter daging ke pekurban.

Balik lagi ke masa sekarang, saya diminta buat masukin plastik di karung (biar paket dagingnya gak langsung kena karung). Habis itu masih belum ada “kerjaan” karena sapi pertama juga belum selesai dikuliti.

Saat sapi udah mulai dipotong-potong, daging udah siap beberapa. Saya pun bantu-bantu masukin jatah daging. Kayak dulu, 500 gram. Boleh lebih dikit tapi gak boleh kurang. Saya gak tau nama partner saya siapa, tapi kita asik-asik aja ngerjainnya hehe.

Tricky juga sebenernya. Kayak, misalnya ada daging yang ukurannya terlalu besar. Biar sesuai takaran, perlu ganti potongan daging lain atau daging yang besar itu dipotong lagi biar lebih kecil. Hitung-hitungan juga biar takarannya sesuai. Dan latihan juga nebak berat potongan daging, sesekali mendekati. Asik.

image host

Jobdesk saya gak tetap di masukin daging, kadang juga diminta keliling (distribusi) daging, ditemani tetangga saya. Selesai distribusi sebagian daging, balik ke masjid lagi dan masukin daging lagi. Selain masukin daging, saya juga pindah ke divisi masukin tulangan.

Jam 11.30, udah mau Dzuhur tapi masih belum selesai. Panitia pun beberes dulu (pel area wudhu dan sebagian selasar) dan bersih-bersih badan. Saya juga sempet pulang ke rumah buar mandi.

Balik lagi ke masjid buat makan siang. Bapak-bapaknya ngurusin hewan kurban dan potong-potong, ibu-ibunya ngurusin permasakan. Panitia pun makan bareng. Anak-anak kecil pun diajakin makan (tapi beberapa gak mau wkwk). Menu yang saya ambil gulai sapi. Yum. Ada menu lain juga tapi saya kurang inget apa aja.

Sekitar jam satu, panitia diminta kumpul lagi karena perdagingan kurban belum selesai. Saya lanjut lagi “kerja”. Kali ini bagian masukin tulangan, dan sesekali juga diminta distribusi lagi. Sekitar jam dua siang, mulai selesai perdagingannya. Panitia juga mulai beberes dan bebersih, juga diakhiri dengan pembagian jatah panitia. Dan.. Selesai. Saya pun pulang dan mandi (lagi) hehehe.

Dan saya kepikiran, capek juga ya distribusinya. Sekotak daging (jatah yang kurban) sekitar dua kilogram. Pas hari itu gak terlalu pegel, pegelnya mulai kerasa pas sore dan keesokan harinya wkwk. Saya pun kepikiran buat punya sepeda kargo atau gerobak mini (kaya gambar di bawah) buat tahun depan misalnya saya jadi panitia lagi. Semoga aja kesampaian, hehe.

image host

Gitu aja pengalaman saya untuk tulisan kali ini. Sampai jumpa, bye~

1 thought on “Idul Adha 1445H/2024”

Leave a Comment