Mobil Macet

Lanjutin cerita yang kemarin, masih berkaitan dengan mobil. Keluarga saya dulu sempet juga punya mobil (sebelum yang Ayla sekarang). Yaitu Katana pas tahun 2008 dan Kijang pas tahun 2010. Dulu cuma sempet sebentar punya mobilnya, soalnya orang rumah gak ada yang bisa nyetir dan ngandelin tetangga untuk jadi supir kalo mau pergi. Dan akhirnya dijual karena ada kebutuhan lain.

Tahun 2017an orang tua saya pun bertekad mau beli mobil lagi, setelah pengalaman yang kurang mengenakkan saat mudik tahun sebelumnya naik bus. Saat itu saya di Bogor (kuliah masih tahun pertama), dan di grup keluarga sempet diskusi-diskusi. Akhir pekan, saya pulang dari Bogor ke Bekasi, kalau gak salah pas Sabtu malam. Balik ke rumah udah ada Ayla di garasi. Wah, I was happy back then.

Saat mobil nyampe, saya belum lancar nyetir mobil. Terakhir kursus udah sekitar setahun sebelumnya. Jadi pastinya kagok nih kalo mau testing. Besoknya, saya coba ngeluarin mobil dan keliling komplek. Masih tegang banget. Masuk ke gang ehh nyenggol motor orang. Untuk gak nyampe jatoh motornya hehe.

Mulai sering pake mobilnya, hampir tiap akhir pekan keliling sama keluarga, tapi masih di sekitaran Bekasi. Jadi masih “lumayan lancar”. Dan pada suatu ketika, ngide ke Bandung, tepatnya ke wisata Dago Dream Park. Saat itu saya belum pernah coba ke luar kota, ke tol juga kayanya belum pernah. Wah jauh juga nih pikir saya.

Oiya, karena ini udah cukup lama ceritanya, mungkin banyak hal yang saya lupa ya gaes ya.

Perjalanan di tol pun cukup lancar. Pas masuk ke Kota Bandung mulai ketar-ketir. Apalagi arah Dago kan nanjak, tuh. Mana macet juga. Waduhh.. Kaki saya belum biasa nih. Nyampe geter kaki kiri saya. Pegel cuy.

Makin ke arah tempat wisata makin macet. Tanjakan makin ekstrim, dan jalanan juga makin sempit. Mobil sempet mati berkali-kali. Kombinasi jalan curam+supir pemula. Resep yang pas untuk memperlambat perjalanan. Sampai dibantu warlok (warga lokal) dan penumpang juga turun. Fyuhh.. Tegang gaes.

Makin ke atas makin macet, dan hari tambah sore (udah menjelang Ashar). Papasan dengan mobil dari atas dan denger-denger tempat wisatanya udah tutup. Waduhh. Udah jauh-jauh tapi tutup. Yaudah, diskusi singkat sama keluarga dan akhirnya putusin buat puter balik.

Liat di samping jalan, cukup banyak warlok yang memanfaatkan situasi macet ini untuk tambah-tambah rezeki. Ada yang jualan minum, sosis bakar, cemilan, dan lainnya. Sampai di suatu lahan parkir, kami istirahat dulu sekalian mampir ke Masjid. Istirahat lumayan lama, dan sekitar jam 4 atau 5 gitu, lanjut turun lagi ke Kota Bandung.

Ke Bandung lebih enak karena sekarang jalanannya menurun. Di jalan kami bingung, mau kemana lagi ya, masa iya gak “kemana-mana”. Jadinya kami mampir dulu di restoran (hotel) buat makan malam. Sindang Reret, dan surprisingly walaupun menurut saya gedungnya lumayan megah, menu restorannya gak yang mahal-mahal banget, masih terjangkau buat family of 4 yang pakai Ayla.

Setelah dari restoran, seinget saya lanjut ke daerah Kosambi. Ada rumah saudara disitu, mampir juga sebentar. Habis itu kami lanjut nginep di hotel (ayah saya nginepnya di rumah saudara).

Seinget saya, pagi harinya saya dan ibu saya (sama kakak saya juga gak sih?) jalan-jalan pagi, ke tempat teman ibu saya, dekat hotel. Oiya, dulu ayah dan ibu saya lahir dan tinggalnya di Bandung, jadi technically saya bisa disebut Orang Sunda (euy). Tapi saya kurang biasa ngomong Sunda dan lebih “biasa” pakai English. Ngerti orang ngomong apa (percakapan Sunda umum) tapi gak biasa kalo buat ngomong. Hehe.

Hari itu siangnya kami lanjut pulang ke Bekasi. Perjalanan yang menegangkan bagi saya dulu, karena that Dago trip. Tapi lumayan, bisa ngelatih kemampuan mengemudi saya jadi lebih.. (gak jago juga sih) gitu deh. Tulisan kali ini juga gitu deh, sampai sini aja. Sampai jumpa, bye~